9 hobi yang menghasilkan uang

WARNASULSEL.com – “Hobi apa yang dapat menghasilkan?” Barangkali pertanyaan ini pernah terlintas di benak kita. Seolah belum yakin sepenuhnya apakah benar ada pekerjaan yang bermula dari hobi.

Dewasa ini, hampir tiap hari kita mendengar adanya lulusan dari sekolah menengah atas (SMA). Begitu pun pada perguruan tinggi. Bayangkan saja, ada berapa banyak orang yang akan mencari kerja. Maka, tak heran banyak pihak yang menunggu pendaftaran untuk menjadi aparatur sipil negara atau pegawai negeri sipil (PNS).

Namun, bagaimana dengan masalah membludaknya angka pelamar kerja sedangkan di saat yang bersamaan ruang pekerjaan di sektor swasta dan pemerintah menjadi semakin sempit. Bagaimana tidak, jika tiap perusahaan hanya membuka lowongan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Belum lagi syarat mutlak yang diberikan kepada pelamar adalah memiliki pengalaman kerja.

Baca juga : Mengenal Yusman, owner toko buku pelangi ilmu

Bagaimana mungkin pengalaman kerja bisa ada, jika baru saja lulus dari sekolah atau perguruan tinggi. Kecuali jika ketika sekolah atau kuliah, Anda juga sudah mengambil pekerjaan sambilan.

Ada baiknya, kita perlu mencari sumber penghasilan lain yang jarang kita pikirkan. Tak usah ikut ikutan melamar pekerjaan ke sana ke mari, cukup fokus pada apa kompetensi dan bidang yang menjadi keahlian diri sendiri.

Kalau kita perhatikan kembali, sebenarnya ada potensi dari dalam diri kita yang dapat dimanfaatkan agar mendapat pundi pundi penghasilan. Potensi itu, berasal ada apa yang sering kita kerjakan sehari hari. Kita rela menghabiskan banyak waktu untuk itu. Apa saja?

Berikut 9 jenis hobi yang bisa membuat Anda memiliki penghasilan tanpa perlu capek bawa lamaran kerja.

1. Hobi masak

Bagi Anda yang punya hobi masak, mengapa tidak mencoba membuat makanan atau semacam kue lalu dijual? Sekarang ini pasar sudah terbuka lebar. Anda bisa menjual lewat mana saja, melalui tetangga, teman, atau melalui internet.

Masakan atau kuliner ini juga sebetulnya ada banyak yang meminatinya. Apalagi jika Anda bisa memasak sebuah kuliner khas daerah Anda. Misalkan saja, kue Apang. Kini kue Apang sangat digemari di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Nah, coba pikirkan makanan khas daerah Anda yang memiliki nilai jual, coba berdayakan kemampuan memasak Anda.

2. Hobi bermedsos

Hari ini, siapa yang tidak suka berselancar di dunia maya? Barangkali sehari saja kita tidak menyentuh gawai maka sudah terasa asing. Nah, ada beberapa bidang pekerjaan yang mencari pekerja yang tugasnya hanya berada di depan layar gawai atau layar PC saja.

Pekerjaan itu adalah admin medsos. Anda bisa memanfaatkan keaktifan Anda di dunia maya untuk menghasilkan uang.

Baca juga : Lebih dekat dengan toko buku Pelangi Ilmu, toko buku indie favorit di Makassar

Hampir semua badan usaha, perusahaan atau apa pun itu, memiliki media sosial. Namun keaktifan akun media sosial itu sangat dibutuhkan sekarang ini, karena dari sanalah semua informasi akan disebarkan. Nah, ini merupakan peluang besar bagi Anda yang memiliki hobi berlama lama di depan layar gawai, sambil scrool up – scrool down tapi tidak menghasilkan apa apa.

3. Hobi mengedit

Nah Anda suka dunia editing? Ada berbagai macam editing yang dimaksud di sini. Editing tulisan (penyunting/editor) dan editing desainer grafis. Anda bisa memilih yang mana Anda suka. Editor profesional kini sangat dibutuhkan. Selain itu, dengan mahirnya Anda dalam desainer grafis, Anda tentu bisa membuka usaha percetakan.

4. Hobi ngajar

Pekerjaan ini sungguh sangat mulia. Karena Anda adalah subjek agar ilmu pengetahuan bisa menyebar. Dengan hobi mengajar, Anda dapat membuka les privat. Tentunya yang sesuai dengan bidang yang Anda kuasai.

5. Hobi utak atik

Kadangkala, ada orang yang suka merakit sesuatu atau gemar membongkar perkakas di rumahnya. Barangkali Anda ini bisa jadi ahli dalam memperbaiki sesuatu yang rusak. Pekerjaan yang Anda bisa geluti misalnya membuka usaha service. Misal service barang barang elektronik, atau pun sebagai instalator.

6. Hobi nulis

Hobi menulis sangat banyak memberikan manfaat. Tapi menjadi penulis butuh semangat yang tinggi. Yakni semangat membaca buku dan semangat untuk terus melatih menulis agar tulisan semakin hari bisa semakin bagus. Menulis adalah persoalan kebiasaan.

Pekerjaan menulis yang dapat menghasilkan uang ada banya. Anda bisa jadi freelance writer. Bisa menjadi content writer. Atau bisa jadi Anda merupakan penulis media massa. Boleh menulis opini, atau pun sastra (puisi, cerpen, dll). Semua itu tentu memiliki honour jika tulisan Anda dimuat di media massa. Atau Anda punya niat jadi penulis buku? Wah, itu adalah hal bagus. Sekarang ini sudah banyak penerbit buku indie yang bisa membantu Anda dalam menerbitkan buku. Salah satunya adalah Penerbit Jariah Publishing.

7. Hobi ngeblog

Hobi ini memiliki kaitan dengan hobi sebelumnya yakni menulis. Namun, ada juga orang yang membuat blog berisi tulisan hasil rewrite. Akan tetapi, bagaimana pun tulisan Anda, yang penting Anda bisa berkreasi di situ. Menghasilkan tulisan yang bermanfaat. Yang mana dimaksud tulisan bermanfaat? Tulisan bermanfaat adalah tulisan yang dibutuhkan oleh orang orang. Tulisan yang paling sering dicari di mesin pencari seperti
Google.

Jika Anda menguasai blog ini, bukan tak mungkin blog Anda bisa menghasilkan iklan. Sumber iklan pun dari banyak tempat. Boleh jadi yang paling populer adalah Google Adsense.

8. Hobi bikin video

Anda pasti sudah tidak asing dengan pekerjaan ini, bukan? Bahkan sekarang banyak anak SD yang cita citanya ingin menjadi ini. Ya, Youtuber. Anda bisa saja menjadi youtuber. Hal paling mendasar yang dibutuhkan adalah, Anda memiliki hobi membuta video, mengeditnya dan tentu mempublikasikan video yang bermanfaat bagi masyarakat.

9. Hobi menjahit

Hobi ini sudah sangat langka. Entah kenapa sekarang anak muda sudah jarang yang ingin menggeluti pekerjaan yang berasal dari hobi ini. Padahal penjahit sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Selama ada pakaian, maka penjahit akan selalu dibutuhkan.

Oke, sekian dulu ya artikel tentang hobi apa saja yang bisa Anda geluti agar mendapatkan penghasilan. Boleh jadi ini adalah penghasilan sampingan Anda, tapi boleh jadi juga jika Anda serius, akan menjadi pekerjaan utama Anda.

Masih banyak yang belum ditulisakan di sini, jika masih ada tambahan, Anda boleh menyampaikannya pada kolom komentar di bawah. Bagikan tulisan ini kepada siapa saja, semoga bermanfaat dan bernilai ibadah. (*)

Baca juga : Iin Fadhilah Utami Tamasse luncurkan buku ketiganya perihal cinta dan jarak

M. Galang Pratama @kampuspuisi

Jarang nulis, lebih sering di Jariah Publishing. Menyukai tantangan.

View Comments

    Recent Posts

    • Daerah
    • Peristiwa

    FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

      WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

    2 weeks ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

      WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

    2 weeks ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

        WARNASULSEL.com - Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul…

    2 weeks ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

          WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

    2 weeks ago
    • Peristiwa

    Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

        WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

    3 weeks ago
    • Cawah
    • Uncategorized

    Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

    WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

    3 weeks ago