Adela, Buku dan Biringbulu

WARNASULSEL.com – Namanya Adela, ia masih duduk di bangku SMP. Asalnya jauh dari Kota. Ia berasal dari Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa, salah satu daerah dataran tinggi nan jauh dari Makassar, Ibu Kota Provinsi Sulawesi selatan.

Biringbulu, meski signal internetnya terbatas, tidak membuat masyarakatnya tertinggal. Bahkan, sejauh ini sudah ada beberapa siswa SMP dan SMA yang berhasil menerbitkan buku.

Tak hanya persoalan akses ke dunia internet, akses jalan pun sulit sekali. Kadang, saat musim penghujan, longsor menjadi hal yang sangat diwaspadai.

Bahkan salah seorang alumni Universitas Muhammadiyah Makassar, Ainun Mardhiah yang pernah berkunjung ke sana untuk melaksanakan P2K (Pemantapan Profesi Keguruan) selama dua bulan pada awal 2019 menuturkan, jika hari sudah gelap, orang orang sudah tak ada lagi yang lewat di jalan.

“Banyak sekali jurang, jadi kalau jatuh miki’ jurang mami bisa didapat,” kenangnya saat berada di Biringbulu.

Kegiatan Literasi yang Masif

Kemah Literasi Biringbulu Mengundang Penulis

Kemah Literasi di Biringbulu Mengundang Penulis Arief Balla | Foto Syamsul Alam

Meski punya keterbatasan, tak menghambat warga Biringbulu untuk berkarya. Masih ada orang orang yang peduli terhadap pendidikan.

Beberapa dari mereka adalah guru yang mengabdikan dirinya mengajar di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Kami mendapat informasi, beberapa nama guru itu yakni Syamsul Alam dan Arif Lhey. Mereka inilah para guru yang senantiasa membangkitkan semangat para siswa siswinya untuk tetap kreatif, dan terus berkarya di dunia seni dan sastra.

Tak sedikit dari siswanya telah menerbitkan buku. Mulai dari Nur Ikhsan, Yolanda hingga tiba ke nama terakhir ini yaitu Adela Putri Rosa.

Adela Putri Rosa baru pertama kali menerbitkan buku. Ia mengaku mendapat ilmu menulis dari organisasi yang ia ikuti di sekolah.

Buku pertamanya ini berjudul Kumpulan Puisi Senja dan Ilusi Tapak Jejak. Bukunya diterbitkan oleh Penerbit Jariah Publishing tahun 2020.

Tonton kisah kreatif dari Adela di video berikut ini.

Baca

Leave a Reply