Mahasiswa KKN UIN Alauddin di desa Patalassang Sinjai dosialisasi cuci tangan sehat

WARNASULSEL.com – Tangan merupakan salah satu media masuknya kuman penyebab penyakit ke dalam tubuh manusia. Bisa datang dari makanan, minuman, atau benda apa saja yang menempel di tangan kita, baik sengaja maupun tidak disengaja. Maka salah satu langkah pencegahan penyakit tersebut adalah mencuci tangan dengan baik dan benar.

Baca juga : Mahasiswa IPI wakili Indonesia di ajang internasional

Hal itu mendapat perhatian dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar angkatan 60 yang berlokasi di Desa Patalassang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai. Mahasiswa yang berjumlah sepuluh orang itu mengusung Sosialisasi Cuci Tangan sebagai salah satu program kerja andalan mereka.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di SDN No. 33 Patalassang Kec. Sinjai Timur, Sabtu (16/03/2019) dan mendapat antusias dari para guru dan murid dengan sangat baik. Dapat dilihat dari wajah gembira anak-anak sekolah dasar itu saat menyanyikan lagu Cuci Tangan sambil memperagakan cara mencuci tangan yang baik.

Sosialisasi Cuci Tangan Bersih di Desa Patalassang, Kab. Sinjai | Foto: Regent

Menurut salah satu mahasiswa di lokasi pengabdian masyarakat itu. Sosialisasi ini ditujukan kepada anak-anak Sekolah Dasar. Ia mengaku bahwa usia anak adalah usia bermain, dengan aktivitas yang banyak di luar rumah bisa mengakibatkan kuman dapat masuk akibat anak tidak mencuci tangan.

“Masa kecil adalah masa di mana anak-anak dalam keadaan sangat aktif. Terkadang saking asik bermain, mereka lupa untuk mencuci tangan sebelum makan dan beraktivitas sehari-hari,” katanya, Sabtu 16 Maret 2019.

Baca juga : 9 hobi yang menghasilkan uang di 2019

Regent Aprianto, Koordinator Desa (Kordes) KKN angkatan 60 yang berlokasi di Desa Patalassang Sinjai Timur, berharap agar kegiatan yang ia lakukan bisa menumbuhkan kesadaran lebih dini akan pentingnya kebersihan.

“Sosialisasi ini kami harapkan dapat menumbuhkan kesadaran anak-anak pentingnya mencuci tangan dengan baik. Kami juga berharap orang tua sadar dan mengambil peran dalam menumbuhkan kesadaran hidup bersih dan sehat pada anak,” ujar Regent, mahasiswa UIN Alauddin Makassar sekaligus Kordes di Desa Patalassang. [mgp]

 

Laporan jurnalis warga: Regent Aprianto

Leave a Reply