Kisah TIM PKM-M UNM di balik buku karya narapidana wanita rutan kelas 1 Makassar bertajuk Suara Perempuan: Cerita dari Balik Jeruji

WARNASULSEL.com Selalu ada cerita dari balik jeruji yang belum terdengar oleh banyak orang. Kisah ini yang kemudian melatarbelakangi tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang pengabdiaan kepada masyarakat (PKM-M) Universitas Negeri Makassar 2019 yaitu Astriyanti, Rahmatiah dan Sry Wulandari untuk melakukan penelitian.

Tahap demi tahap dilalui tim ini, mulai dari pencarian ide judul, penyusunan proposal hingga sampai pada tahap implementasi.

“Ini merupakan tantangan dan pengalaman baru bagi tim kami,” kata Astriyanti, memulai perbincangan.

Baca juga : Lewat PKM, mahasiswa UNM ini libatkan kelompok Ibu di Gowa kurangi sampah organik

Foto: Tim PKM-M UNM memberikan materi Cerpen 1 dengan metode expressive writing kepada narapidana wanita rutan kelas 1 Makassar

Penelitian yang dilakukan oleh tiga mahasiswa UNM ini di antaranya Astriyanti (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2017), Rahmatiah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2017) dan Sry Wulandari (Bimbingan Konseling, 2016) berguna untuk mengatasi trauma psikologis yang dihadapi oleh para narapidana wanita melalui bimbingan menulis dengan metode Expressive Writing.

“Selama melakukan bimbingan menulis menggunakan metode expressive writing narapidana wanita merasakan banyak pelajaran dan mendapat hikmah kehidupan,” kata Astriyanti. “Pelajaran dan hikmah hidup itu secara alami tertuang dalam karya tulis yang mereka buat.”

Astriyanti selaku ketua Tim PKM-M UNM 2019 ini bercerita bahwa dalam melakukan pembinaan menulis ini ada suka duka yang dirasakan oleh timnya.

“Iya sebenarnya para narapidana ini senang sekali menulis. Sebelumnya kami melakukan pengisian angket sebagai diagnosa awal, lalu memberikan materi pelatihan menulis cerpen, puisi dan surat pribadi, tim melakukan pendekatan personal dan asistensi hingga para narapidana menulis hasil curahan hatinya,” kisahnya.

Baca juga : Kemdikbud gelar lomba video dan foto literasi masyarakat berhadiah total Rp 45 juta

Buku yang ditulis oleh 15 narapidana wanita ini terdiri dari 180 halaman diterbitkan oleh Jariah Publishing Intermedia. Program PKM-M ini didukung oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI (Ristekdikti), Universitas Negeri Makassar dan Rutan Kelas 1 Makassar.

Karya tulis para narapidana wanita ini dituangkan dalam bentuk cerpen, puisi, dan surat pribadi.

“Selain sebagai upaya penanganan masalah psikologis, hasil karya ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat umum dan memberikan rasa kebanggaan kepada keluarga narapidana wanita,” harap Tim penyusun buku Suara Perempuan Cerita dari Balik Jeruji ini.

Foto: TIM PKM-M UNM bersama dosen pendamping

Menanggapi buku yang dihasilkan melalui penelitian mahasiswa ini, Dr Sultan, dosen pendamping dalam penelitian ini mengatakan bahwa karya ini dapat memberi inspirasi kepada banyak pihak.

“Hadirnya buku ‘Cerita dari Balik Jeruji’ ini memberikan bukti bahwa setiap orang bisa menulis, kapan pun, di mana pun, dan dengan masalah apa pun,” katanya. Ia melanjutkan, “Karya ini dapat memberi inspirasi untuk banyak orang, narapidana, pejabat lembaga pemasyarakatan, dan mahasiswa.”

Narapidana dapat termotivasi bahwa di balik masalah yang dihadapi mereka masih dapat menghasilkan karya. Pejabat lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan terbantu dalam menemukan bentuk kegiatan produktif bagi warga binaan,” tambah dosen UNM ini.

Selain itu, karya ini juga ikut ditanggapi oleh pihak rutan kelas 1 Makassar.

“Apresiasi atas buah pemikiran adik-adik mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar ini menawarkan pendekatan gaya baru untuk narapidana wanita di rutan kelas 1 Makassar.

Dengan menulis ekpresif dapat menjadi salah satu bentuk pembinaan narapidana bahwa dengan metode expressive writing dapat mengatasi trauma dan masalah psikologis yang sering dialami narapidana wanita.

Baca juga : Passampo Siri’

Foto: Astriyanti menyerahkan buku Suara Perempuan: Cerita dari Balik Jeruji kepada
Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas 1 Makassar, Ramli S.H., M.H

Selain itu melalui kegiatan ini mereka dapat mendampingi narapidana wanita sehingga dapat menghasilkan produk Buku yang berjudul ‘Suara Perempuan: Cerita dari Balik Jeruji’ yang dihasilkan merupakan bentuk pemberdayaan bagi para narapidana wanita cukup membuktikan kepada kita semua bahwa kokohnya tembok rutan dan kuatnya jeruji besi mengurung para tahanan tidak dapat memenjarakan pikiran dan karya mereka,” jelas Ramli SH, MH, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas 1 Makassar.

“Saya pikir ini adalah tugas kita sebagai pembina dan masyarakat dalam memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjadi lebih baik dan memberi kontribusi serta manfaat kepada masyarakat.”

“Saya ucapkan terima kasih kepada Tim PKM-M tahun 2019 karena telah membantu kami dan memberikan sebuah solusi dalam melakukan pembinaan di rutan ini, dalam kegiatan serta buku ini memberikan pencerahan tentang arti sebuah kehidupan. Terus berkarya dan memberikan inovasi untuk kemanusiaan,” tutupnya.(*)

M. Galang Pratama @kampuspuisi

Jarang nulis, lebih sering di Jariah Publishing. Menyukai tantangan.

View Comments

    Recent Posts

    • Daerah
    • Peristiwa

    FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

      WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

    2 weeks ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

      WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

    2 weeks ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

        WARNASULSEL.com - Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul…

    2 weeks ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

          WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

    2 weeks ago
    • Peristiwa

    Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

        WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

    3 weeks ago
    • Cawah
    • Uncategorized

    Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

    WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

    3 weeks ago