3 langkah mudah menerbitkan buku di penerbit indie

BAGAIMANA cara menerbitkan buku? Ternyata tidak sedikit orang beranggapan bahwa menerbitkan buku adalah perkara sulit.

Namun, jika kita sudah memulainya dengan menulis naskah, hal itulah menjadi modal utama dalam menerbitkan buku.

Yang menjadi permasalahan berikutnya apakah ada Penerbit yang akan menerbitkannya?

Di sini kami akan membagikan tips cara menerbitkan buku di penerbit indie.

Menerbitkan buku sebetulnya bukanlah perkara sulit. Saat ini, sudah banyak penerbit indie yang membuka layanan self publishing.

Nah apa saja yang dibutuhkan oleh penerbit yang dapat menerbitkan buku melalui sistem self publishing? Berikut jawabannya.

1. Siapkan naskah lengkap

Naskah lengkap

Setiap penerbit tentunya akan mengutamakan naskah dibanding hanya sekadar pertanyaan teknis para (calon) penulis yang baru akan menerbitkan bukunya.

Naskah begitu penting, karena naskah itulah yang nantikan akan dijadikan buku.

Pastikan naskah yang akan dikirim ke penerbit, sudah lengkap dan sesuai prosedur seperti sudah memiliki nomor halaman, margin rapi, ukuran kertas sesuai, punya kata pengantar dan daftar isi serta memiliki sinopsis.

2. Siapkan budget

budget

Budget atau biaya merupakan hal paling penting dalam menerbitkan buku secara self publishing.

Karena sistem self publishing adalah sistem menerbitkan buku secara mandiri, maka penulis punya kesempatan besar, mewujudkan seperi apa bukunya nanti.

Bagi penerbit indie yang menggunakan sistem ini, hanya akan meminta biaya jasa semata. Sedangkan keuntungan bagi penulis, setiap naskah buku yang dikirimkan itu akan langsung masuk ke meja redaksi dan siap untuk diterbitkan.

Apalagi waktu respon dari redaksi tidak akan lama, penerbitan buku melalui self publishing biasanya memakan waktu maksimal 30 hari kerja.

Selain itu, penulis juga bisa mencetak bukunya mulai 32 hingga 50 eksemplar. Seperti ketentuan yang diterima oleh Penerbit Jariah Publishing.

Jariah Publishing menerima naskah yang ingin dicetak mulai 32 eksemplar dengan biaya yang sangat terjangkau. Apalagi kamu juga bisa melakukan down payment (dp) loh.

Jasa yang diberikan oleh penerbit pun beragam. Mulai dari jasa cetak, editing, desain sampul, dan promosi offline hingga distribusi ke toko buku. Semuanya bisa disesuaikan tergantung kebutuhan penulis.

3. Kirim naskah

langkah mudah menerbitkan buku

Jika naskah lengkap sudah jadi dan budget sudah disiapkan, tunggu apa lagi, hal terakhir yang mesti dilakukan adalah mengirimkan naskah tersebut ke Penerbit.

Nah, mudah bukan? Sampai di sini, Anda masih bingung memulai menerbitkan buku? Yuk, segera selesaikan naskah lalu konsultasikan segera ke penerbit yang jadi incaranmu.

[jp]

Leave a Reply