Ayo meriahkan Festival Anak Makassar 2019

WARNASULSEL.com – Setiap anak memiliki hak-hak yang secara hukum dilindungi oleh undang-undang. Di bawah payung besar Convention on the Rights of the Child dan diakui secara internasional.

Dikutip dari term of reference, Festival Anak Makassar 2019 ini merupakan kegiatan dua tahunan Komunitas Sobat LemINA yang dirancang khusus untuk pemenuhan hak kepada seluruh anak, khususnya bagi anak yang berada di Kota Makassar.

Data menunjukkan bahwa anak sebagai salah satu kelompok rentan kerap kali mengalami kesulitan. Angka pelanggaran  terhadap hak anak juga masih sangat tinggi.

Baca juga : Bagaimana pendidikan kita menciptakan orang terpelajar

Sebagaimana data yang dirilis oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) selama tahun 2018 angka pelanggaran terhadap anak sejumlah 4.885 kasus. Jumlahnya meningkat dibandingkan pada 2017 yang mencapai 4.579 kasus.

Dilansir dari web resmi KPAI, ketua KPAI Susanto merinci dari jumlah itu, kasus anak berhadapan dengan hukum (ABH) masih menduduki urutan pertama yakni mencapai 1.434 kasus, disusul kasus terkait keluarga dan pengasuhan alternatif mencapai 857 kasus.

Selanjutnya, pornografi dan siber mencapai 679 kasus, pendidikan berjumlah 451 kasus, kesehatan dan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (Napza) mencapai 364 kasus, trafficking dan eksploitasi anak mencapai 329 kasus.

Pojok Baca Festival Anak Makassar 2019

Atas dasar latar belakang tersebut serta kepedulian pada tumbuh kembang anak, Yayasan Lembaga Mitra Ibu dan Anak (LemINA) telah bergerak sejak tahun 2010. Diketahui, Yayasan LemINA membawahi komunitas relawan anak, Sobat LemINA.

Bersama beberapa relawan, Sobat LemINA melakukan kegiatan edukasi pencegahan kekerasan seksual terhadap anak, edukasi literasi hingga sarana sanitasi dalam berbagai kegiatannya.

Festival Anak Makassar merupakan agenda besar dari Sobat LemINA dan didukung oleh berbagai pihak. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memenuhi hak-hak anak di Kota Makassar.

Festival Anak Makassar ini sendiri pertama kali terlaksana pada 2015 lalu. Ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan Festival Anak Makassar. Tahun 2019 ini, Festival Anak Makassar mengusung konsep EDUTAINMENT atau Education Entertainment.

Sasaran kegiatannya yaitu wanita/pria sebagai orang tua muda, komunitas anak yang berbasis pendidikan dan sasaran yang terpenting yaitu Anak.

Apa saja aktivitas Festival Anak Makassar di 2019 ini?

Pementasan

Pementasan Festival Anak Makassar 2019

Penyelenggara akan menyuguhkan berbagai aksi panggung sebagai ajang aktualisasi diri bagi anak. Anak-anak menampilkan bakat mereka. Penampil berasal dari beberapa sekolah dan komunitas sosial/anak di Makassar.

Baca juga : Talkshow edukasi SMSG: anak-anak kita krisis pendidikan karakter

Mewarnai Bersama

Sobat LemINA mempersembahkan event dua tahunannya dalam rangka Hari Anak Nasional. Festival Anak 2019 dengan tema “Bermain, Belajar dan Tumbuh dalam Keberagaman” pada hari Minggu (21/07/2019) di Benteng Rotterdam. Event ini terbuka umum untuk anak-anak.

Festival Anak Makassar 2019

Kegiatan mewarnai bersama akan dilakukan sekitar 100 anak. Peserta akan mewarnai potongan-potongan sebuah gambar yang disediakan oleh penyelenggara.

Ruang Edukasi

Pojok Kreatif Festival Anak Makassar 2019

Ruang edukasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih kepada anak, sehingga anak mendapatkan wawasan yang lebih luas terkait beberapa hal yang bahkan tidak didapatkan di sekolah.

Festival Anak Makassar 2019

Baca juga : Murid SD Negeri Borong persiapkan peluncuran buku antologi puisi

Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA)

Layanan Pembuatan Kartu Identitas Anak

Pembuatan kartu identitas anak ini bertujuan untuk memenuhi hak anak untuk mendapatkan identitas resmi dengan memfasilitasi pembuatan kartu identitas anak yang bekerjasama dengan dinas kependudukan dan catatan sipil kota Makassar.

Pojok Kreatif

PHBS Festival Anak Makassar 2019

Ada empat pojok kreatif yang akan dihadirkan untuk membuat anak lebih kreatif dan inovatif.

Dimulai dari Paper Craft, pojok kreasi pasir ajaib, pojok painting pada media kain putih yang disediakan kemudian dilanjutkan dengan edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTBS).

Pojok Kreatif Festival Anak Makassar 2019

Pojok Kreatif Festival Anak Makassar 2019

Arena Kuliner Sehat

Akan dihadirkan sedikitnya 20 stand makanan dan minuman yang sehat untuk anak dan orangtuanya guna mendukung kelancaran kegiatan pada hari H.

Jadi, jangan lupa hadir ya dalam Festival Anak Makassar 2019 di Benteng Rotterdam Makassar, Minggu (21/07/2019) mulai pukul 08.00 pagi sampai selesai. [mgp]

Editor @warnasulselcom

Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih mendalam

View Comments

    Recent Posts

    • Daerah
    • Peristiwa

    FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

      WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

    1 week ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

      WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

    1 week ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

        WARNASULSEL.com - Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul…

    1 week ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

          WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

    2 weeks ago
    • Peristiwa

    Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

        WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

    2 weeks ago
    • Cawah
    • Uncategorized

    Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

    WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

    3 weeks ago