PKM Biologi UNM gelar pelatihan penulisan artikel ilmiah di Enrekang

WARNASULSEL.com – Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Oleh karena itu, peranan guru ‎dalam memajukan pendidikan dan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas ‎sangat penting dan strategi.

Mengingat pentingnya peranan guru dalam memajukan pendidikan ‎nasional dan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, guru yang berkualitas di masa ‎sekarang dan di masa yang akan datang mutlak diperlukan.

Untuk itu, seorang guru harus ‎senantiasa melakukan pengembangan profesi. Pengembangan keprofesian berkelanjutan meliputi ‎sub unsur pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Publikasi ilmiah dapat ‎meliputi publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan ‎formal dan publikasi buku teks pelajaran.

Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa guru-guru harus ‎melakukan pengembangan diri.

Salah satu pengembangan diri yang dapat dilakukan oleh guru adalah membuat karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. ‎

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Terpadu Dosen Jurusan Biologi Fakultas ‎Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (UNM) telah terlaksana ‎di Kabupaten Enrekang.

Baca juga: Lewat PKM, mahasiswa UNM ini libatkan kelompok Ibu di Gowa kurangi sampah organik

Salah satu kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah PKM ‎Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru di Kabupaten Enrekang diketuai oleh Dr. ‎Arsad Bahri, S. Pd., M. Pd dan Dr. Sultan, S.Pd, M.Pd sebagai anggota.

Kegiatan ini terlaksana ‎pada 20–21 Juli 2019 di SMP Negeri 1 Enrekang. ‎

Pembukaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terpadu jurusan Biologi FMIPA UNM di Kabupaten Enrekang

Ketua Tim, Arsad Bahri menuturkan bahwa dengan melakukan publikasi, guru-guru ‎dapat menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan gagasannya kepada masyarakat.

“Sehingga masyarakat dapat mengimplementasikan hasil-hasil penelitian atau gagasan ‎kritis tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita,” ujarnya.

Selain itu, hasil-hasil ‎penelitian yang dipublikasikan ini juga dapat dimanfaatkan oleh semua pemangku ‎kepentingan, termasuk dinas pendidikan dan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan ‎kualitas pendidikan.

“Kegiatan ini penting untuk mengatasi masalah yang sering dihadapi ‎para guru yang kesulitan mempublikasikan hasil penelitiannya sebagai salah satu ‎persyarakatan kenaikan pangkat,” tuturnya.

Baca juga: Kisah TIM PKM-M UNM di balik buku karya narapidana wanita rutan kelas 1 Makassar bertajuk suara perempuan: cerita dari balik jeruji

Perwakilan peserta menunjukkan sertifikat kegiatan

Hasil dari program ini adalah para guru yang ‎menjadi peserta pelatihan merasa bahwa mereka sudah mulai memiliki gambaran tentang ‎bagaimana menulis sebuah artikel ilmiah.

Keberlanjutan dari kegiatan ini adalah pendampingan ‎para guru peserta pelatihan untuk menghasilkan sebuah artikel yang akan dikirim ke jurnal.‎ (rilis/mgp)

Editor @warnasulselcom

Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih mendalam

Recent Posts

  • Daerah
  • Peristiwa

FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

  WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

1 week ago
  • Daerah
  • Peristiwa

M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

  WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

1 week ago
  • Daerah
  • Peristiwa

Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

    WARNASULSEL.com - Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul…

1 week ago
  • Daerah
  • Peristiwa

Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

      WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

2 weeks ago
  • Peristiwa

Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

    WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

2 weeks ago
  • Cawah
  • Uncategorized

Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

3 weeks ago