Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel salurkan bantuan buku, rak buku dan komputer untuk TBM di Pangkep

WARNASULSEL.com – Kegembiraan terpancar di wajah Masnia Pengelola Taman Baca Masyarakat (TBM) Mawar Kelurahan Minasatene, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep ketika rombongan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangkep mendatangi kediamannya di Jl. Leang Kassi, Kelurahan Minasatene, Jum’at (18/12/2020). Kebetulan lokasi TBM Mawar ini tepat berada di depan rumah kediamannya.

DPK Sulsel salurkan bantuan buku, rak buku dan komputer untuk TBM di Pangkep

“Bangunan yang kami jadikan TBM ini dulunya adalah sebuah pos ronda yang sudah tidak digunakan lagi.  Kebetulan di sini banyak anak-anak, daripada mereka berkeliaran begitu saja, sementara di sini ada tempat dan saya juga punya banyak buku-buku pelajaran waktu saya mengajar di paket B yang tidak terpakai lagi, jadi kita jadikanlah ini sebagai TBM,” ujarnya.

Kehadiran rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel diwakili Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Nilma, S.Sos., M.M di dampingi PIC Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Prov. Sulsel Nazaruddin, S.Ag. M.Sos.I dan hadir juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Pangkep diwakili Sekretaris Dinas Hj. Nur Asia Nur, SE bersama sejumlah staf dan pustakawannya adalah dalam rangka menyerahkan bantuan 100 eksemplar buku siap layan, rak buku dan 2 unit komputer kepada TBM Mawar.

DPK Sulsel salurkan bantuan buku, rak buku dan komputer untuk TBM di Pangkep

Beberapa kali Masnia mengucapkan terima kasih. Ia sangat senang dengan adanya bantuan ini begitu juga dengan anak-anak yang selalu datang membaca dan belajar di TBM yang terbentuk sekitar dua tahun lalu ini.

“Biasa kalau sore-soremi datangmi anak-anak berkumpul di sini, saya ajarmi membaca. Alhamdulillah mereka sangat senang, walaupun buku-buku yang ada sangat terbatas jumlahnya dan tidak berwarna. Dengan adanya bantuan buku ini, apalagi buku-bukunya cantik-cantik dan berwarna, adami juga komputernya, pastilah mereka akan lebih senang dan lebih bersemangat untuk belajar,” imbuhnya.

Secara khusus ia juga berterima kasih kepada Bunda Baca Sulawesi Selatan Hj. Lies F. Nurdin, atas kepeduliannya terhadap pembinaan dan peningkatan minat baca khususnya di kalangan ibu-ibu dan ana-anak. Ia berharap mudah-mudahan bantuan yang diberikan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Karena jumlah anak-anak yang datang belajar di tempat ini semakin banyak, sementara kondisi pos yandu yang dijadikan sebagai tempat TBM sekarang ini tidak representatif  lagi, Masnia yang mengelola langsung TBM ini bersama beberapa kerabatnya berencana akan menata tambahan bangunan yang ada di samping rumahnya menjadi tempat kegiatan dari TBM ini.

DPK Sulsel salurkan bantuan buku, rak buku dan komputer untuk TBM di Pangkep

DPK Sulsel salurkan bantuan buku, rak buku dan komputer untuk TBM di Pangkep

Ucapan terima kasih yang sama juga disampaikan oleh Aburera salah seorang pengelola TBM Nusa Indah Kelurahan Jagong, Kecamatan Pankajene, Kabupaten Pangkep yang juga mendapatkan bantuan serupa dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinisi Sulawesi Selatan.

Penyerahan bantuan ini secara resmi dilaksanakan di kantor kelurahan masing-masing. Bantuan untuk TBM Nusa Indah diterima oleh Lurah Jagong A. Nasrun Rauf, S.Sos dan selanjutnya diserahkan ke pengelola TBM untuk dimanfaatkan. Sementara bantuan untuk TMB Mawar diterima Lurah Minasatene yang diwakili Sekretaris Lurahnya H. Muhammad Bakri, S.Ag yang kemudian menyerahkannya kepada pengelola TBM untuk dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan kecerdasan masyarakat. (naz)

Leave a Reply