20 Perpustakaan Desa di Bone dapat bantuan buku, rak buku dan komputer dari Pemprov Sulsel

WARNASULSEL.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kembali menyerahkan bantuan hibah berupa buku, rak buku dan komputer kepada 20 perpustakaan desa di Kabupaten Bone.

perpustakaan di bone

Bantuan ini diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel yang diwakili Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan Nilma, S.Sos, M.M, dan diterima oleh Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone Drs. A. Mappangara, M.M, yang selanjutnya akan diserahkan kepada masing-masing perpustakaan desa penerima manfaat.

Kegiatan penyerahan bantuan yang disaksikan langsung oleh beberapa desa penerima manfaat ini berlangsung di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone, Selasa (22/12/2020).

Total jumlah bantuan yang diserahkan menurut Nilma ada 3.000 eksemplar buku, 20 buah rak buku dan 40 unit komputer, masing-masing desa penerima manfaat mendapatkan bantuan stimulan berupa 150 eksemplar buku siap layan, 1 buah rak buku dan 2 unit komputer.

perpustakaan di bone

Bantuan ini diperuntukkan dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat dan mencerdaskan anak bangsa khususnya yang ada di daerah pedesaan.

“Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dalam mencerdaskan anak bangsa dari desa. Selain itu kegiatan ini juga merupakan replikasi mandiri dari program nasional  Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Nilma.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone A. Mappangara menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan, dan selanjutnya akan menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada perpustakaan desa penerima manfaat di desanya masing-masing.

Jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bone bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi juga akan melakukan pembinaan terhadap perpustakaan desa penerima manfaat, sehingga keberadaan perpustakaan desa ini betul-betul dapat memberi manfaat bagi masyarakat dengan melaksanakan kegiatan peningkatan literasi secara berkesinambungan.

“Mudah-mudahan keberadaan perpustakaan desa yang baru mendapatkan bantuan ini dapat mengikuti jejak perpustakaan desa lainnya di Bone yang terlebih dahulu telah mendapatkan bantuan transformasi perpustakaan, dan sukses melakukan kegiatan peningkatan minat baca dan pelibatan masyarakat untuk berkegiatan di perpustakaan dalam rangka meningkatkan literasi untuk kesejahteraan,” harapnya.

Pada tahun ini Bone kembali berhasil mengharumkan nama Sulsel di Bindang Perpustakaan, setelah Perpustakaan Nasional RI menetapkan 3 perpustakaan desa di Bone sebagai perpustakaan desa terbaik dalam implementasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial pada acara PLM Nasional 3 Desember 2020.

Ketiga perpustakaan desa berprestasi tersebut adalah Perpustakaan Mattiro Deceng, Desa Watu Kecamatan Barebbo, Perpustakaan Cerdas Desaku, Desa Usa, Kesamatan Palakka dan Perpustakaan Al Ashar, Desa Ulaweng Cinnong, Kecamatan Ulaweng. * (naz)

Leave a Reply