Panitia Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi dan Kabupaten Luwu Timur Terus Lakukan Pembinaan di Perpusdes Bangun Jaya

WARNASULSEL.com – Setelah ditetapkan menjadi Juara I pada Penilaian Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020 dan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada Penilaian Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Nasional, Perpustakaan Nirwana, Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur terus melakukan pembenahan.

Dewan Juri Nasional Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) di tingkat pusat juga telah melakukan penilaian administrasi dan menetapkan Perpustakaan Nirwana Desa Bangun Jaya lolos dalam babak 6 besar klaster A Tingkat Nasional yang selanjutnya akan dikunjungi oleh Dewan Juri Nasional untuk melakukan penilaian lapangan.

Berdasarkan surat dari Perpustakaan Nasional RI nomor 4554/I/PPM.00.00/VIII.2020 tanggal 10 Agustus 2020 perihal Kunjungan Juri Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (desa/kelurahan). Dewan Juri Nasional dari pusat akan melakukan kunjungan dalam rangka penilaian lapangan pada tanggal 16 September 2020.

Terkait dengan persiapan penilaian tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabuapten Luwu Timur selaku pembina langsung perpustakaan desa di tingkat Kabupaten, dengan melibatkan berbagai OPD di Pemkab Luwu Timur serta Pemerintah Kecamatan Tomoni dan Desa Bangun Jaya telah melaksanakan rapat persiapan dalam rangka penilaian tersebut pada tanggal 25 Agustus 2020.

Rapat tersebut dihadiri langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Luwu Timur, Satri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Luwu Timur A. Tabacina Ahmad, pejabat dari Dinas PMD Luwu Timur, pejabat dari Dinas Kominfo Luwu Timur, Camat Tomoni Umar Hasan Dalle dan Kepala Desa Bangun Jaya Sunarsono.

Pada Senin (31/08/2020) Ketua Pantian Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Nazaruddin dan pustakawan DPK Sulsel, juga melakunan monotoring dan pembinaan langsung di lapangan bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan LuwuTimur, Satri dan beberapa orang staf dan pustakawan dari DPK Luwu Timur dengan melibatkan guru dan Penyuluh Pertanian setempat.

Pembinaan yang dilakukan terkait dengan kelengkapan administrasi, penataan rungan serta inovasi dan kreatifitas, serta persiapan penyambutan Dewan Juri tingkat Nasional, yang diagendakan juga akan dihadiri langsung Bupati Luwu Timur Muhammad Thoriq Husler.

“Satu hal yang membedakan Perpustakaan Nirwanan, Desa Bangun Jaya dengan perpustakaan desa lainnya, kegiatan kami di sini terintegrasi,” jelas Kades Sunarsono.

Menurutnya, kegiatan dan kerjasama serta pembinaan yang dilakukan perpustakaan hampir di seluruh bidang, baik itu pendidikan, seni budaya, pertanian, lingkungan hidup, perekonomian, kesehatan, industri rumah tangga, pembinaan pemuda, PKK, dll.

Kerjasama dengan berbagai stakeholder dan pelibatan masyarakat untuk berkegiatan di perpustakaan ini merupakan implementasi program nasional Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Oleh karena iti, hampir semua OPD terkait di tingkat kabupaten turut membantu dan terlibat langsung dalam pembinaan perpustakaan ini, sehingga keberadaan perpustakaan ini telah memberi dampak positif bagi masyarakat, bukan hanya dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat tetapi juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. * (naz)

Leave a Reply