Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial sangat sejalan dengan Visi, Misi Pemprov Sulsel

WARNASULSEL.com – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H menegaskan Program Transformasi Perpustakaan Barbasis Inklusi Sosial yang dilaksanskan pemerintah melalui Perpustakaan Nasional RI sangat sejalan dengan visi, misi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkarakter.

Pernyataan itu disampaikan Kadis Hasan Sijaya ketika membuka acara Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan (SPP) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang dilaksanakan secara virtual melalui apkukasi zoom, Senin (29/6).

Menurutnya, provinsi Sulawesi Selatan saat ini terus mendorong peningkatan pembangunan sumber daya manusia yang kompetitif dan inklusif, di samping itu upaya untuk peningkatan produktivitas dan daya saing produk sumber daya alam yang berkelanjutan terus dilakukan melalui pembangunan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang produktif.

 

Oleh karena itu, lanjut Hasan Sijaya, Pemprov Sulsel sangat mengapresiasi program penguatan literasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini.

“Upaya untuk meningkatakan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan perpustakaan harus dimaksimalkan. Apalagi di era kemajuan teknologi informasi saat ini, perpustakaan harus mengambil peran menjadi pusat informasi dan pusat berkegiatan bagi masyarakat,” ujarnya.

Bimtek yang berlangsung selama tiga hari ini dibuka Kepala Perpusnas RI yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus, Nurhadi Saputra, S.Sos., M.Si, diikuti 30 orang peserta dari DPK Prov. Sulsel, DPK Kab. Bulukumba, Sinjai, Luwu Utara, dan Toraja Utara.

Bimtek yang bertujuan untuk membangun kapasitas staf perpustakaan agar dapat melakukan implementasi transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan menghadirkan pemateri Master Trainer program transformasi Irsan dan Sugiri ini ditutup Kepala DPK Sulsel diwakili Bidang Perpustakaan Drs. Heri Rusmana, M.AP. * (naz)

Leave a Reply