Kecil kecil jago riset, KB/TKIT Nurul Fikri Makassar teliti kecambah

WARNASULSEL.com – Puluhan Murid KB/TKIT Nurul Fikri Makassar antusias mengikuti perkembangan pertumbuhan kecambah dari kacang hijau selama satu pekan, terhitung mulai 23-30 September 2019.

Berlangsung selama tujuh hari, kacang hijau yang berkecambah menarik perhatian mereka karena itu adalah riset pertama yang mereka lakukan.

Budaya Riset di SIT Nurul Fikri Makassar memang baru dimulai pada awal tahun ajaran baru dan juga ikut melibatkan murid KB/TKIT Nurul Fikri Makassar.

Siapa sangka, dengan riset sederhana itu, mereka bisa mengenal banyak hal. Termasuk meneliti proses pertumbuhan kecambah dari kacang hijau hingga menjadi tanaman tauge yang biasa mereka konsumsi di rumah atau di sekolah.

Berbekal bahan yaitu kapas, kacang hijau, air, dan gelas bening, ketika melihat kacang hijau mereka sudah tumbuh subur setelah beberapa hari dan memanjang di kelas masing-masing, mereka sangat senang sekali.

Baca juga: Dinkes Sulsel ajari murid KB/TKIT Nurul Fikri Makassar sikat gigi dan cuci tangan yang baik

Selanjutnya, murid yang rata-rata usianya lima sampai enam tahun tersebut membuat hasil laporan mereka melalui gambar dibantu oleh guru mereka masing-masing untuk memberi keterangan pada gambar sesuai dengan apa yang mereka katakan.

Ketika mereka ditanya bagaimana perasaannya, mereka dengan lugunya menjawab, “Senang sekali, Ustadzah,” ujarnya sambil tersenyum malu.

Percobaan riset ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada murid tentang riset sederhana dan juga untuk meningkatkan rasa ingin tahu mereka melalui penelitian terhadap sesuatu hal.

Baca juga: Sambut tahun ajaran baru, SIT Nurul Fikri gelar pelantikan pejabat struktural dan rapat kerja

Kepala KB/TKIT Nurul Fikri Makassar mengapresiasi kegiatan ini dan memberikan peluang besar kepada para wali kelas murid untuk lebih meningkatkan proses kegiatan riset ini.

“Mereka memang masih cukup kecil. Tetapi justru, di usia mereka saat ini adalah usia yang sangat baik membentuk pemahaman mereka tentang hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Alhamdulillah, mereka senang,” ujarnya saat kegiatan berlangsung paginya.

Selanjutnya, hasil riset mereka akan kembali dikembangkan pada kegiatan EXPO SIT Nurul Fikri Makassar pada Desember mendatang. (*)

Inayah Natsir

Kontributor di warnasulsel.com, Guru di SDIT Nurul Fikri Makassar

Recent Posts

  • Daerah
  • Peristiwa

FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

  WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

3 days ago
  • Daerah
  • Peristiwa

M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

  WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

3 days ago
  • Daerah
  • Peristiwa

Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

    WARNASULSEL.com - Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul…

3 days ago
  • Daerah
  • Peristiwa

Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

      WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

1 week ago
  • Peristiwa

Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

    WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

1 week ago
  • Cawah
  • Uncategorized

Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

2 weeks ago