Perpusnas RI gandeng DPK Sulsel gelar sosialisasi di Makassar

WARNASULSEL.com Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar dua kegiatan sosialisasi yaitu Sosialisasi Pengembangan Program Revitalisasi Perpustakaan Umum, dan Sosialisasi Pedoman Akreditasi Perpustakaan yang dilaksanakan di dua ruangan berbeda di Swiss-belhotel Makassar dan diikuti peserta berbeda dari berbagai daerah di Sulsel, Rabu-Jum’at (20-22/3).

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan, SH., MH. memberi apresiasi dan menyambut baik pelaksaan dua kegiatan ini.

Foto: Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov Sulsel/Naz

“Kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel tidak henti-hentinya terus memberi apresiasi kepada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang senantiasa memberikan kegiatan-kegiatan di daerah Sulsel ini,” ujar Hasan dalam sambutannya pada acara pembukaan dua kegiatan sosialisasi tersebut.

“Sulsel selalu siap melaksanakan perintah,” lanjut Hasan, sembari menegaskan atas kepercayaan yang diberikan kepada kita semua, setelah kegiatan sosialisasi ini kami akan mengajak seluruh yang hadir untuk dapat mengimplementasikan dalam bentuk program dan kegiatan yang dilakukan pada setiap lembaga perpustakaan, khususnya untuk setiap kabupaten/kota.

Baca juga : Perpustakaan nasional RI gelar sosialisasi pengembangan program revitalisasi di daerah

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Drs. Deni Kurniadi, M.Hum dalam sambutannya sesaat sebelum membuka kegiatan sosialisasi ini menjelaskan bahwa berdasarkan Undang-undang No 43 tahun 2007, peran perpustakaan sangat penting di dalam meningkatkan kualitas SDM.

Foto: Sosialisasi Program Revitalisasi Perpustakaan Umum/Naz

Selain itu, untuk menciptakan pembelajaran sepanjang hayat. Perpustakaan juga berfungsi sebagai tempat belajar masyarakat, wahana dalam mencari informasi serta rekreasi yang tidak hanya mencerdaskan namun juga memberdayakan masyarakat, sehingga memberikan manfaat dan berdampak langsung pada peningkatan kualitas dan taraf  hidupnya.

Menurutnya, atas dasar itulah maka Perpustakaan Nasional RI sebagai pembina semua jenis perpustakaan berinisiatif untuk melakukan program revitalisasi di perpustakaan, yang akan difokuskan pada penguatan kapabilitas transformasi layanan perpustakaan umum berbasis inklusi sosial di provinis dan kabupaten/kota.

Dijelaskan, program revitalisasi perpustakaan ini menitikberatkan pada beberapa rencana kerja utama, yaitu pengembangan kapabilitas perpustakaan melalui transformasi layanan perpustakaan agar dapat menjawab kebutuhan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya dan potensinya, sebagai upaya mensejahterakan masyarakat melalui literasi.

Pengembangan kapasistas ini diharapkan dapat dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi, Kabupaten/Kota sampai tingkat Desa/ Kelurahan.

Foto: Peserta Kegiatan Memaparkan Kasus Revitalisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial/Naz

Kemudian membangun sinergi stakeholder bidang perpustakaan baik di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten/kota. Hal ini utuk membangun dukungan kebijakan, penganggaran dan keterlibatan berbagai pihak yang relevan terhadap transformasi perpustakaan yang berkelanjutan.

Sasaran dari program revitalisasi perpustakaan ini, menurut Dedi, tidak hanya diarahkan kepada anak sekolah, tetapi masyarakat secara umum, seperti pemuda, perempuan, dan juga pelaku usaha mikro/ kecil, termasuk juga kelompok masyarakat lainnya seperti penyandang disabilitas sebagai upaya untuk pemberdayaan dan dapat meningkatkan produktivitas.

Baca juga : Dinas perpustakaan Sulsel gelar roadshow pengembangan literasi

Kegiatan sosialisasi revitalisasi perpustakaan yang diikuti oleh Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota, kepala dan pengelola berbagai jenis perpustakaan serta para penggiat literasi di Sulsel ini, merupakan upaya untuk memperluas program dan mendekatkan akses informasi ke masyarakat untuk memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan menjadi pusat bagi masyarakat untuk berkegiatan dan terkoneksi satu dengan yang lain, sehingga terjadi proses belajar di antara mereka yang mendorong kesempatan untuk menciptakan inovasi dan kreativitas yang positif dan produktif.

“Saya berharap dengan adanya pertemuan ini dapat menambah wawasan bagi para kepala dan pengelola perpustakaan di Sulsel serta stakeholred terkait dalam meningkatkan kinerja perpustakaan untuk mendukung program yang dicanangkan Perpustakaan Nasional RI yaitu Pustakawan berkarya dalam mewujudkan perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk mewujudkan kesejahteraan sosial,” kuncinya. *(naz)

*(Rilis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel/Nazaruddin)

Editor @warnasulselcom

Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih mendalam

View Comments

    Recent Posts

    • Daerah
    • Peristiwa

    FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

      WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

    1 week ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

      WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

    1 week ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

        WARNASULSEL.com - Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul…

    1 week ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

          WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

    2 weeks ago
    • Peristiwa

    Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

        WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

    2 weeks ago
    • Cawah
    • Uncategorized

    Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

    WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

    3 weeks ago