Perdana di Sulsel, sekolah guru Indonesia (SGI) gelar workshop guru literat

WARNASULSEL.com – Sekolah Guru Indonesia (SGI) Sulawesi Selatan, menggelar Workshop Guru Literat yang berlangsung selama tiga hari sejak hari Jumat – Minggu (22-24/03).

Workshop Guru Literat | SGI

Hari pertama, kegiatan berlangsung di Aula JILC, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar. Sedangkan hari terakhir, materi dilaksanakan di Kampung Literasi Rumah Hijau Denassa  (RHD), Bontonompo, Kabupaten Gowa.

Sebelumnya, SGI telah melakukan dua tahapan seleksi wawancara pada 20 Maret 2019. sebanyak 30 guru terpilih menjadi peserta SGI Literat.

Kegiatan ini perdana dilakukan di provinsi Sulawesi Selatan. Menghadirkan peserta yang berasal dari berbagai daerah. Mulai dari Makassar, Enrekang, Pangkep, hingga Luwu.

Rawiyah M.Pd, Koordinator SGI Sulawesi Selatan dalam sambutannya menyampaikan urgensi guru literat.

“Guru itu harus memiliki jiwa yang berliterat. Sebab, jangan sampai kita disebut sebagai guru yang gagal dalam berliterat,” katanya, “Jadi, kegiatan ini dibentuk atas dasar kebutuhan untuk membentuk masyarakat yang berbudaya,” ujarnya saat membuka kegiatan.

Pemberian materi workshop selama dua hari langsung disampakan oleh para pemateri yang merupakan aktivis SGI dan telah menerbitkan beberapa karya dalam bentuk buku.

Materi “Guru Membaca” dibawakan langsung oleh Jusriah Kadir. Materi “Guru Menulis” oleh Rawiyah M.Pd, dan materi “Guru Bercerita” oleh Guru Eli Eliyani.

Selain itu, hadir pula pendiri RHD, Darmawan Denassa sebagai pemateri terakhir. Dalam materinya ia membahas latar belakang berdirinya rumah hijau denassa sekaligus memperkenalkan RHD di hadapan para peserta.

Para peserta sangat antusias mengikuti workshop yang diberikan oleh Darmawan Denassa.

Keesokan harinya, para peserta akan berkunjung ke RHD sebagai bentuk kunjungan wisata belajar sekaligus mencari inspirasi.

Kegiatan Guru Literat ini akan berlanjut selama satu bulan ke depan. Bentuknya mulai dari pelaksanaan rencana program pemberdayaan literasi di sekolah atau pun di lingkungan masyarakat masing-masing peserta.

Para Peserta Workshop Guru Literat | SGI

Tiap peserta akan mendapatakan coaching project, pelaksanaan project, monitoring project, hingga ujian project oleh mentor melalui laporan kerja yang akan dilaporkan setiap pekan hingga waktu akhir yang telah ditentukan.

Setelah menjalankan program project literasi ini dengan baik, selanjutnya SGI akan melaksanakan wisuda SGI Guru Literat angkatan pertama di Sulawesi Selatan yang akan langsung dihadiri oleh ketua pusat SGI, Ahmad Abdul Wasiudin, 28 April mendatang. (*)

Laporan Jurnalis Warga: Inayah Natsir

Leave a Reply