Kunjungan Kerja Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel beserta rombongan di Kabupaten Gowa

Marwah Literasi Sulsel harusnya dimulai dari Gowa

WARNASULSEL.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa H. Muchlis, SE, M.Si mengungkapkan bahwa marwah Sulawesi Selatan khususnya dalam hal literasi harus dimulai dari Gowa, sebab kalau kita berbicara tentang peradaban, Gowa ini memiliki peradaban yang cukup besar.

“Gowa memiliki peradaban bahasa tutur dan bahasa tulis, tidak semua daerah memiliki perdaban seperti itu.”

 

Marwah Literasi Sulsel harusnya dimulai dari Gowa

 

Pernyataan itu diungkap Sekda Gowa ketika mewakili Bupati Gowa menerima kunjungan kerja Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bersama rombongan di Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Selasa (28/1/2020).

Menurut Muchlis, Gowa ini telah dicanangkan sebagai Kabupaten Pendidikan dan salah satu bagian dari kegiatan untuk memajukan dunia pendidikan di Gowa adalah melalui peningkatan minat baca masyarakat.

“Oleh karena itu, pojok baca dibangun di kantor-kantor pemerintah dan di beberapa sudut-sudut kota, begitu juga di wilayah pedesaan,” jelasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Muchlis menyampaikan terima kasih atas kunjungan ini.

“Kunjungan kerja seperti ini menurut saya sangat tepat dan menjadi suntikan motivasi bagi daerah untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kegiatan dalam bidang perpustakaan dan kearsipan khususnya di Kabupaten Gowa,” harapnya.

DPK Sulsel

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan, S.H, M.H, dalam sambutannya mengatakan DPK Provinsi Sulawesi Selatan menjadikan tahun 2020 ini menjadi tahun kinerja oleh karena itu DPK Provinsi akan terus bersinergi dengan DPK Kabupaten Gowa untuk membagun dan mengembangkan bidang perpustakaan dan kearsipan ini.

Sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah di Kabupaten Gowa menurut Hasan, pada tahun ini Kabupaten Gowa mendapatkan dana DAK sebesar 11,5 milyar untuk pembangunan gedung perpustakaan di Kab. Gowa. Sementara dari provinsi, lanjut Hasan, pada tahun ini kita akan bangun 13 perpustakaan lorong di Gowa.

“Menumbuhkan minat baca masyarakat, mencerdaskan bangsa tidak harus dari kota, dan ini menjadi salah satu perhatian ibu Gubernur selaku Bunda Baca Sulsel dengan menggagas perpustakaan lorong,” ujarnya.

 

Marwah Literasi Sulsel harusnya dimulai dari Gowa

 

Sementara itu untuk bidang kearsipan jelas Hasan, DPK Sulsel juga telah memberikan pendampingan untuk pembinaan kearsipan dan itu akan terus ditingkatkan. Hanya saja, Hasan berharap agar di Gowa ini dibangun Depo Arsip di Kabupaten Gowa, dan ini mendapat dukungan dan respon positif dari anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Gowa Hj. St. Husnia, S.E.

Bahkan Kepala Bappeda Kabupaten Gowa Taufiq Mursad, S.T mengatakan telah melakukan kajian dan penjejakan terkait dengan pembangunan Depo Arsip ini.

Kepala DPK Kab. Gowa Muh. Taslim, S.H, M.H memberi respon positif terhadap kunjungan kerja DPK Prov. Sulsel dan akan terus bersinergi dengan DPK Provinsi untuk membangun dan mengembangkan bidang perpustakaan dan kearsipan di Kabupaten Gowa. *(naz/mgp)

 

Baca Perpusnas RI gandeng DPK Sulsel gelar sosialisasi di Makassar

Editor

Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih mendalam

View all posts by Editor →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *