Mubes IKA FIB Unhas, Prof Arsunan: Diharapkan sinergitas alumni terhadap almamater

WARNASULSEL.com – Pada Selasa (16/07/2019) siang, bertempat di Ruang Senat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (UNHAS), berlangsung Musyawarah Besar Ikatan Keluarga Alumni Komisariat Fakultas Ilmu Budaya (dulu Fakultas Sastra).

Musyawarah besar (Mubes) ini berlangsung semarak, dihadiri sekitar seratus alumni yang memadati Ruang Senat. Salah satu agenda penting dalam Mubes ini adalah pemilihan pengurus IKA FIB UNHAS periode 2019-2023.

Mubes IKA FIB UNHAS

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyusul Mars UNHAS, dan Mars Fakultas Ilmu Budaya.

Ketua IKA Komisariat FIB UNHAS, Dr. Rahmansyah dalam sambutannya mengharapkan kegiatan Mubes ini menjadi ajang untuk mempertemukan kembali sejumlah alumni.

Selain itu, sebagai reuni, tak kalah penting juga membicarakan bagaimana kelanjutan program organisasi IKA FIB UNHAS ini.

Selanjutnya, Rahmansyah mengharapkan bahwa IKA FIB UNHAS ini jangan terlalu serius.

“Marilah kita mengurus organisasi IKA ini dengan santai dan berpikir yang ringan-ringan saja. Cukuplah urusan pekerjaan kantor atau rutinitas sehari-hari yang membuat kita hidup terlampau serius,” demikian ujarnya.

Baca juga : Buku perdana alumni FH UNHAS 2019, M Aris Munandar dibedah di Makassar

Selanjutnya, Prof Akin Duli selaku Dekan FIB UNHAS menyampaikan apresiasi kepada alumni dan menyampaikan selamat datang kembali di kampus, seraya berharap agar alumni sekali-kali datang menjenguk fakultasnya.

Para alumni juga diharapkan berpartisipasi dalam pengembangan fakultasnya.

Terakhir sambutan dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof A Arsunan Arsin.

Dalam sambutannya, WR III memaparkan jumlah alumni sampai wisuda yang terakhir adalah 141.115 orang, dan kini telah tersebar di berbagai belahan dunia.

Belakangan ini UNHAS cukup aktif bersinergi dengan alumni, sebagai salah satu bagian untuk mempercepat sinergitas tersebut dengan program “Menyapa Alumni”.

Baca juga : Iin Fadhilah Utami Tamasse luncurkan buku ketiganya perihal cinta dan jarak

UNHAS telah menyapa alumninya ke beberapa kota dan negara, antara lain Batam, Banjarmasin, Jepang, Belanda, Buton, Mamuju, dan minggu lalu di Kuala Lumpur.

“Program ini disambut dengan antusias oleh alumni kita di beberapa tempat tersebut. Selain itu UNHAS juga sementara melakukan tracer ‘susur alumni study’, dan kita telah mendapatkan gambaran bahwa masa tunggu alumni kita berkisar 5,1 bulan untuk mendapatkan pekerjaan tetap,” kata Prof. Arsunan, menjelaskan.

Baca juga : Alumni FH Unhas angkatan ’87 dirikan yayasan dan kantor LBH

Dipaparkan juga mengenai program yang bisa dikolaborasikan dengan pihak alumni, yakni bagaimana ‘menjual’ potensi yang dimiliki olah kampus kepada dunia luar.

“Tentu diharapakan partisipasi aktif para alumni untuk membesarkan almamaternya,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, WR III UNHAS membuka secara resmi Mubes IKA FIB UNHAS dan berharap kepada pengurus agar dapat bersinergi dan berkolaborasi antara alumni dan almamater kampus.

“Harapan kepada pengurus yang baru terpilih, supaya lebih mensinergikan peran alumni kepada almamater, meningkatkan partisipasi alumni dalam kegiatan yang lebih kolaboratif serta saling menunjang antara alumni dan almamater UNHAS khususnya kepada Fakultas Ilmu Budaya,” harap Prof Arsunan Arsin. [*mhh]

Recent Posts

  • Daerah
  • Peristiwa

FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

  WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

3 days ago
  • Daerah
  • Peristiwa

M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

  WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

3 days ago
  • Daerah
  • Peristiwa

Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

    WARNASULSEL.com - Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul…

3 days ago
  • Daerah
  • Peristiwa

Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

      WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

1 week ago
  • Peristiwa

Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

    WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

1 week ago
  • Cawah
  • Uncategorized

Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

2 weeks ago