Kolaborasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Komunitas Pegiat Literasi dan Duta Baca Sulsel Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa di Sulbar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan kembali berkolaborasi dengan para Komunitas Pegiat Literasi antara lain dari Rumah Forum Literasi Sulsel, Rumah Koran, Sekolah Sastra Bulukumba dan Duta Baca Sulawesi Selatan melakukan kegiatan kemanusiaan mengumpulkan dan menyalurkan bantuan untuk korban gempa bumi di provinsi Sulawesi Barat.

Sabtu, sekitar pukul 22.10 WITA, Relawan dari Pegiat Literasi yang dikoordinir Andhika Mappasomba ini, berangkat meninggalkan Posko Bantuan Gempa Sulawesi Barat di Lantai I Gedung Perpustakaan Multimedia Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Jl. Sultan Alauddin Km. 7 Tala’Salapang Makassar, dengan menggunakan mobil perpustakaan keliling DPK Sulsel dan kendaraan dari relawan pegiat literasi, mengangkut bahan makanan termasuk sayur-sayuran segar dari Rumah Koran Tombolo Pao dan Malino Kabupaten Gowa, makanan siap santap, pakaian, perlengkapan bayi, obat-obatan dan berbagai logistik mendesak lainnya yang dibutuhkan para pengungsi korban gempa ini.

“Kita mengupayakan penyaluran bantuan ini tepat sasaran, karena itu kami juga telah berkoordinasi dengan teman-teman pegiat literasi di Sulbar dan Duta Baca Sulbar yang juga terlibat langsung dalam pendistribusian bantuan ini, mereka juga di sana terus melakukan pendataan dan pemetaan agar penyaluran bantuan ini terkoordinir dengan baik dan tepat sasaran,“ujar Andhika Mappasomba beberapa saat sebelum bertolak ke Sulbar dengan mobil perpustakaan keliling.

“Sambil menyalurkan bantuan, kami juga akan mempelajari situasinya, melakukan pemetaan dan sebagainya. Satu dua hari kemudian kami rencanakan kembali ke Makassar untuk menjemput logistik yang dikumpulkan oleh teman-teman yang ada di Makassar dan Bulukumba, setelah itu kami akan kembali dengan jumlah armada yang mungkin lebih besar lagi, dan pada tahap selanjutnya jika situasinya sudah agak membaik dan memungkinkan, kami akan membawa tim yang akan melakukan berbagai kegiatan trauma healing dengan menggunakan mobil perpustakaan keliling dari DPK Sulsel lengkap dengan buku-bukunya,” imbuhnya

Minggu pagi relawan dari pegiat literasi Sulsel ini telah tiba di Sulbar khususnya di daerah Ulumanda dan menurunkan sebagian bantuan logistiknya di posko pengungsian yang dibuat oleh relawan dari komunitas pegiat literasi di sana. Sementara itu sebagian relawan dari pegiat literasi Sulsel bersama Duta Baca Sulsel masih intens melakukan pengumpulan bantuan yang di pusatkan di Posko Bantuan Gempa Sulawesi Barat di Lantai I Gedung Perpustakaan Multimedia Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Jl. Sultan Alauddin Km. 7 Tala’Salapang Makassar.

Duta Baca Sulsel Rezky Amalia Syafiin berharap jika ada masyarakat yang ingin menyalurkan donasinya untuk korban gempa di Sulbar melalui relawan dari pegiat literasi Sulsel, dapat menyalurkannya langsung ke posko Bantuan Gempa Sulawesi Barat di Lantai I Gedung Perpustakaan Multimedia Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Jl. Sultan Alauddin Km.7 Tala’Salapang Makassar, atau menyalurkannya melalui rekening Bank Sulselbar nomor 1442010000008242 atas nama Rezky Amalia Syafiin konfirmasi melalui nomor HP/WA 085 242 550 908, atau ke rekening BRI nomor 025301008061538 atas nama Basmawati Haris konfirmasi HP/WA 085395598722. * (naz)

Leave a Reply