Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Gaungkan Gerakan Mencerdaskan Anak Bangsa dari Desa di hadapan Kepala Desa, Lurah, Pengelola Perpustakaan Desa dan Pegiat Literasi di Luwu Timur

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H melakukan pertemuan silaturahmi dengan para kepala desa, lurah, pengelola perpustakaan desa, pustakawan dan komunitas pegiat literasi di Gedung Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur, Kamis (1/4/2021).

Pertemuan tersebut dipandu langsung Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Luwu Timur, Satri, S.E, dihadiri Kabid Perpustakaan DPK Sulsel Drs. Yulianto, M.M, pustakawan senior DPK Sulsel Nilma, S.Sos, M.M, Drs. M. Syahrir Razak, M.AP, Nasli, S.E, Nazaruddin, S.Ag. M.Sos.I beserta pejabat struktural dan fungsional di jajaran DPK Lutim.

Dalam sambutan pengarahannya pada kesempatan itu, Kadis Hasan Sijaya menyampaikan apresiasi dan kebanggaanya kepada para pengelola perpustakaan desa dan komunitas pegiat literasi yang selama ini menjadi garda terdepan mengawal gerakan literasi, mendorong peningkatan minat baca masyarakat dalam rangka mencerdaskan anak bangsa dari desa. Begitu juga dengan peran kepala desa dan lurah dalam mendorong peningkatan gerakan liteasi di wilahnya masing-masing.

“Program saya dalam tiga tahun terakhir ini taglinenya adalah mencerdaskan anak bangsa dari desa. Saya melakukan gerakan itu tidak pada sektor perkotaan tapi saya masuk pada pelosok- pelosok desa. Bentukannya seperti apa, melakukan pembinaan, melakukan sosialisasi, melakukan monitoring dan mereplikasi perpustakaan desa dalam bentuk program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan memberikan bantuan hibah berupa buku, rak buku dan komputer,” jelasnya.

Menurutnya, untuk Kabupaten Luwu Timur di tahun 2020 sudah ada 10 titik penerima manfaat dan masih akan ditambah lagi pada tahun ini. Sehingga melalui bantuan yang diikuti dengan peningkatan kapasitas dan kualiatas SDM tenaga pengelola perpustakaan, diharapkan keberadaan perpustakaan betul-betul dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sebelum melakukan pertemuan dengan para kepala desa, lurah, pengelola perpustakaan desa, pustakawan dan komunitas pegiat literasi. Kehadiran Kepala DPK Sulsel bersama rombongan di Kabupaten Luwu Timur diterima secara resmi oleh Wakil Bupati Luwu Timur Drs. H. Budiman, M.Pd di Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur.

Banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan antara Wakil Bupati dan Kadis DPK Sulsel ini, khususnya terkait dengan pengembangan literasi di daerah ini.

Hasan Sijaya menilai Wakil Bupati Budiman yang sebentar lagi akan dilantik menjadi Bupati Luwu Timur ini hebat dan punya kepedulian yang cukup besar terhadap pengembangan literasi di Luwu Timur.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi kiat-kiat yang dilakukan bapak bupati khususnya dalam memajukan gerakan literasi kita mencerdaskan anak bangsa dari desa bisa kita wujudkan bersama-sama,” harapnya.

Pada kesempatan itu Kadis Hasan Sijaya juga menyempatkan diri meninjau ruang layanan anak, ruang pengolahan arsip, depot arsip di DPK Lutim serta melakukan kunjungan ke Perpustakaan Desa Balantang.

Hasan Sijaya menilai pembinaan dan kemajuan gerakan literasi dan pengelolaan arsip di Luwu Timur cukup bagus dibanding dengan kabupaten lainnya di Sulsel. Hal itu dibuktikan tiga tahun berturut-turut perpustakaan desa di Kabupaten Luwu Timur mewakili Sulsel dalam lomba perpustakaan umum terbaik desa/ kelurahan tingkat nasional. * (naz)

Leave a Reply