PMI Beri Penghargaan Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel sebagai Institusi Pemerintah yang Telah Banyak Berkontribusi untuk Kemanusiaan Diserahkan pada Acara Isra Mi’raj

Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan piagam penghargaan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan atas kepeduliannya dalam mendukung ketersediaan darah di Unit Transfusi Darah PMI Kota Makassar masa Pandemi Covid-19.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua PMI Kota Makassar Dr. H Syamsul Rizal MI, S.Sos, M.Si kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H, dilakukan pada rangkaian acara Jumat Ibadah sekaligus Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Ashabul Jannah  DPK Sulsel, Jumat (19/3/2021).

Dalam sambutannya Syamsul Rizal yang akrab disapa Daeg Ical menyampaikan terima kasih dan sekaligus apresiasi yang tidak terhingga kepada seluruh jajaran DPK Sulsel yang menjadi salah satu institusi pemerintahan yang telah banyak berkontribusi untuk kemanusiaan.

“Kemarin pada masa Pandemi Covid-19 Bulan Maret 2020 salah satu kesulitan kami di Palang Merah adalah memastikan stok darah tercukupi. Alhamdulillah berkat kontribusi dari semua pihak pada saat semua orang sudah takut-takut untuk berdonor dengan kemapuan literasinya DPK mampu memberikan pencerahan, bukan hanya sekedar proses pencerahan melalui literasi, tetapi juga hadir di garda terdepan dengan melakukan langsung kegiatan donor darah,” ujar Daeng Ical.

“Oleh karena itu apresiasi ini kemudian kami sampaikan ke PMI Pusat dan Alhamdulillah ada beberapa lembaga yang mendapatkan apresisai dan penghargaan langsung dari Bapak H.M Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia dan dilaporkan juga kepada Bapak Presiden RI,” imbuhnya.

“Pada hari ini kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tidak terhingga, atas nama seluruh penerima manfaat yang telah mendapatkan bantuan secara tidak langsung dari jajaran DPK Sulsel. Piagam ini langsung ditandatangani oleh Bapak H. M. Jusuf Kalla sebagai Penanggungjawab utama atau Ketua Umum PMI Pusat, di Kota Makassar jumlahnya Cuma 12 yang dapat,” kuncinya.

Sementara itu Kepala DPK Sulsel Hasan Sijaya berterima kasih atas penghargaan ini.

“Rupanya DPK Sulsel bahagian yang cukup tinggi sinerginya dengan PMI dalam bekerjasama untuk melakukan kegiatan donor darah di Kota Makssar,” ujar Hasan Sijaya yang hampir pada setiap kesempatan donor darah di DPK Sulsel juga ikut mendonorkan darahnya.

Berkaitan dengan kegiatan Jumat Ibadah yang dirangkaikan dengan Isra Mi’raj Nabu Muhammad SAW, Hasan Sijaya berharap kegiatan Jumat Ibadah ini terus dilaksanakan meskipun dalam bulan suci Ramadhan.

Menurutnya, semakin sering dilakukan di bulan Ramadhan semakin banyak pahalanya, dan semua pegawai DPK Sulsel wajib hadir dalam kegiatan Jumat Ibadah ini.

Selain Jumat Ibadah, menurut Pengurus Masjid Ashabul Jannah DPK Sulsel, Syamsuddin dalam laporannya, pada Ramadhan tahun ini Masjid Ashabul Jannah juga akan aktif digunakan kegiatan Shalat Tarwih dan Buka Puasa Bersama.

Sementara itu Ustadz H. Muchsin Ramlan, S.Pd.I  dalam ceramahnya mengatakan inti dari pada Isra Mi’raj ini adalah ketika kita diberi ujian, diberi cobaan kita bermi’raj kepada Allah, mohon kepada Allah,  minta kepada Allah agar diberi solusi dari setiap permasalahan yang kita hadapi dalam hidup ini.

Sebelum diIsra Mi’rajkan Rasulullah terlebih dulu dibelah dadanya kemudian dibersihkan hatinya dengan air zam-zam. Oleh karena itu, inti dari pada Mi’raj  sebenarnya, untuk meraih kesuksesan dan kemuliaan dalam hidup harus dimulai dari hati yang bersih, bekerja untuk mencapai kesuksesan harus di awali dengan hati yang bersih.

“Tidak bisa kita raih kemuliaan, tidak bisa kita meraih kesuksesan, tidak bisa kita meraih keridaan Allah terhadap apa yang kita kerjakan kalau didasari dengan hati yang kotor,”  tegasnya. * (naz)

Leave a Reply