Murid SD Negeri Borong persiapkan peluncuran buku antologi puisi

WARNASULSEL.com – Murid-murid SD Negeri Borong tengah mempersiapkan peluncuran buku antologi puisi pertama mereka. Buku antologi puisi itu berjudul “Perpustakaan Baru”, yang menghimpun sebanyak 100 puisi dari sekira 40 anak.

Kepala SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, bersyukur ada karya bersama anak-anak yang akan diterbitkan dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN), 23 Juli mendatang.

Murid SD Negeri Borong persiapkan peluncuran buku antologi puisi

Apalagi ada dua buku yang diluncurkan sekaligus. Selain buku antologi puisi bersama, ada juga buku kumpulan puisi tunggal karya Riska Aulia.

Baca juga : Seperti ini prosesi istimewa penyambutan murid baru ala SDN Kompleks Sambung Jawa

Puisi-puisi murid-murid SDN Borong itu bercerita tentang guru, sekolah, perpustakaan, buku, orangtua, alam, dan aktivitas sehari-hari. Di dalam buku itu, ada anak yang punya puisi lebih dari lima judul, tapi ada juga yang hanya menulis satu puisi.

“Diberi judul seperti itu karena untuk menggiatkan aktivitas literasi berbasis perpustakaan,” jelas Rusdin Tompo, fasilitator ekstra kurikuler (ekskul) minat bakat, sekaligus editor buku, Selasa (16/7/2019). Menariknya, ekskul ini terus berjalan selama liburan sekolah.

Baca juga : Kemdikbud gelar lomba video dan foto literasi masyarakat berhadiah total Rp 45 juta

SD Negeri Borong, sejak Desember 2018, memiliki bangunan perpustakaan sendiri. Di sanalah, setiap akhir pekan anak-anak mengikuti ekskul minat bakat. Dalam peluncuran nanti, anak-anak yang ikut kegiatan ekskul minat bakat itu akan berkolaborasi dengan pendongeng, Mami Kiko.

Murid SD Negeri Borong persiapkan peluncuran buku antologi puisi

Hendriati Sabir memberi apresiasi atas kesediaan Mami Kiko mau berbagi ilmu dan pengalaman dengan murid-muridnya. Sementara Mami Kiko juga mengaku senang bisa bersilaturrahmi dengan anak-anak di sekolah yang berada di Kecamatan Manggala, Makassar itu.

Baca juga : Budayakan literasi, SDIT Nurul Fikri Makassar gelar launching buku “Tanda Seru (!)”

Ketika bertemu anak-anak ekskul minat bakat, Mami Kiko mengutarakan diajak oleh Rusdin Tompo, sahabatnya, untuk berkolaborasi.

Murid SD Negeri Borong persiapkan peluncuran buku antologi puisi

Katanya, dia akan membuat semacam operet tapi bukan lagu, melainkan puisi, yang idenya dari puisi anak-anak. Ketika berbincang dengan anak-anak itu, mereka menyampaikan cita-citanya. Ada yang ingin jadi ustadzah, dokter, chef, guru dan lain-lain.

“Kita semua mesti punya cita supaya kita punya tujuan. Kalau kita punya cita maka kita akan belajar dan semangat membaca untuk mencapai tujuan itu,” kata Mami Kiko memotivasi.(*)

Rusdin Tompo @rusdintompo

Pembicara dan penulis isu anak dan media serta penyuka seni.

View Comments

    Recent Posts

    • Daerah
    • Peristiwa

    FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

      WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

    7 days ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

      WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

    1 week ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

        WARNASULSEL.com - Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul…

    1 week ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

          WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

    2 weeks ago
    • Peristiwa

    Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

        WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

    2 weeks ago
    • Cawah
    • Uncategorized

    Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

    WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

    2 weeks ago