DPK Sulsel Terima Kunjungan DPK Pangkep dan BPSDM Sulsel Konsultasi Terkait Pengembangan Perpustakaan

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan diwakili Kepala Bidang Perpustakaan Drs. Yulianto, M.M, menerima kunjungan Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangkep Hj. Nur Asia Nur, S.E, di ruang Layanan Perpustakaan Umum DPK Sulsel, Kamis (18/2/2021).

Kunjungan Kepala DPK Pangkep yang di dampingi sejumlah pejabat struktural dan fungsionalnya di DPK Sulsel, adalah dalam rangka melakukan koordinasi terkait dengan pengembangan perpustakaan daerah, termasuk mekanisme Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perpustakaan  dan pengadaan buku di perpustakaan.

Dalam sambutan penerimaannya, Yulianto menjelaskan gambaran umum mengenai keberadaan DPK Sulsel saat ini dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, termasuk pengembangan kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Sulsel, di mana pada tahun 2020 DPK Sulsel telah melakukan replikasi mandiri program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan sasaran 166 titik penerima manfaat di 17 kabupaten/kota di Sulsel, termasuk di Kabupaten Pangkep.

Berbagai pertanyaan dari kadis, kabid dan pustakawan DPK Pangkep terkait pengembangan perpustakaan dijawab langsung oleh masing-masing penanggungjawab kegiatan. Penjelasan mengenai layanan perpustakaan disampaikan oleh Kepala UPT Layanan Perpustakaan Abd. Hadi, S.Sos., M.Si, penjelasan menyangkut pengembangan kegiatan perpustakaan dan transformasi perpustakaan berbasis Inklusi sosial disampaikan Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan  Nilma, S.Sos. M.M, dan penjelasan mengenai dana DAK disampaikan Koordinator Pustakawan Sulsel Syamsul Arif, S.Sos., M.A.

Dalam pertemuan tersebut hadir juga Duta Baca Sulawesi Selatan Rezky Amalia Syafiin, S.H, yang juga memberikan penjelasan terkait dengan kerjasama dan kolaborasi yang dilakukan antara DPK Sulsel dengan Duta Baca dan Komunitas Pegiat Literasi. Karena salah satu upaya yang dilakukan DPK Sulsel dalam pengembagan perpustakaan adalah bersinergi dan memfasilitasi pegiat literasi untuk melakukan berbagai kegiatan pengembangan gerakan literasi yang menyentuh langsung dan bermanfaat bagi masyarakat.

Usai menerima kunjungan Kadis DPK Pangkep bersama pejabat struktural dan fungsionalnya. Kabid Perpustakaan Yulianto bersama Kepala UPT Layanan Perpustakaan Abd. Hadi, Kepala Seksi Pengolahan Syamsuddin, Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan Nilma dan Koordinator Pustakawan Sulsel Syamsul Arif, kembali menerima kunjungan Tim dari Perpustakaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan yang dipimpin Drs. Abdullah Nasir, M.Si. di ruang pertemuan lantai dua Layanan Perpustakaan Umum DPK Sulsel.

Kehadiran tim IT dan pustakawan dari BPSDM ini juga untuk berkoordinasi terkait pengembangan perpustakaan, khususnya dukungan teknis untuk kegiatan digitalisasi dan persiapan akreditasi perpustakaan di Perpustakaan Khusus BPSDM Sulsel. *(naz)

Leave a Reply