Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Kerjasama Komunitas Gowa Menyala Gelar Pelatihan Desain Grafis

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Komunitas Gowa Menyala melaksanakan kegiatan Pelatihan Desain Grafis di Layanan Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang DPK Sulsel, Senin-Selasa (25-26/1/2021).

Kegiatan pelatihan yang diikuti peserta dari relawan Gowa Menyala dan tenaga pengelola perpustakaan ini, dibuka Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel yang diwakili Kepala UPT Layanan Perpustakaan Abdul Hadi, S.Sos, M.M.

Turut hadiri pada acara pembukaan pelatihan yang merupakan salah satu implementasi dari program tansformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini, Kepala Seksi Layanan Perpustakaan Umum Hj. Feby Primajanti T, S.Sos, M.Si, Kasubag Tata Usaha Layanan Perpustakaan Arwadia, S.AP, Koordinator layanan Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang Safaruddin, S.Sos., M.AP, Koordinator Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak DPK Sulsel Hamriati, A.MK.

Dalam sambutannya Abdul Hadi menegaskan, kegiatan pelatihan Desain Grafis seperti ini sangat penting dan dibutuhkan termasuk di perpustakaan, terutama untuk periklanan dan kegiatan promosi perpustakaan.

Menurutnya, tampilan gambar atau iklan untuk promosi perpustakaan baik dalam bentuk cetakan ataupu yang dipublikasikan melalui instagram atau media sosial lainnya, harus dibuat menarik, sehingga orang mau membacanya dan tertarik untuk mengikuti pesan yang disampaikan.
Tapi sebaliknya, kalau desainnya monoton, pewarnaanya tidak bagus, maka iklan itu tidak akan dilirik orang.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang tetapi juga bisa dilaksanakan di Layanan Perpustakaan Umum jl. Sultan Alauddin atau di Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak,” kata Hadi.

Sementara itu, Koordinator Gowa Menyala A. Ainun Musfira dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan pertama yang dilaksanakan Gowa Menyala di tahun 2021 ini dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan skill relawan Gowa Menyala dan pengelola perpustakaan.

“Harapan kami kegiatan ini dapat berkelanjutan dan kami berterima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel yang telah memfasilitasi dan memberi wadah untuk pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya.

Pelatihan Desain Grafis ini menghadirkan narasumber Fina Irmawati Syam, seorang ilistrator dan desainer yang selama ini sering diundang menjadi narasumber kegiatan pelatihan seperti ini oleh instansi pemerintah maupun dari komunitas bukan hanya di wilayah Sulsel tetapi juga di luar Sulsel. * (naz)

Leave a Reply