2021 Tahun Inovasi Bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulwesi Selatan

2021 Tahun Inovasi Bagi Dinas Perpustakaan alau tahun 2020 lalu dijadikan sebagai Tahun Kinerja bagi  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, maka pada tahun 2021 ini menjadi Tahun Inovasi bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan. Oleh karena itu bagi siapa saja pegawai di DPK Sulsel yang mampu berbuat, berkarya dan melakukan berinovasi akan diberikan reward, seperti pada tahun sebelumnya.

Penegasan itu disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Sijaya saat memimpin rapat dengan para pejabat eselon III dan IV, para pejabat senior dan koordinator pustakawan serta pejabat senior dan koordinator arsiparis lingkup DPK Sulsel di ruang pertemuan Gedung Layanan Kearsipan DPK Sulsel, Senin (1/3/2021).

Rapat tersebut dilakukan oleh Kadis Hasan Sijaya bersama jajarannya, guna menindaklanjuti hasil pertemuan Coffee Morning Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, S.T  bersama para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel  di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (1/3/2021).

Berbagai hal terkait dengan program, pelaksanaan tugas dan kegiatan dalam rangka meningkatkan kinerja serta mendorong kemajuan pembangunan khususnya di bidang perpustakaan dan kearsipan di Sulsel dibahas dalam rapat tersebut.

Hasan Sijaya pada kesempatan itu mengingatkan kepada seluruh staf agar dalam bekerja hendaknya memperbaiki administrasinya. Selain itu, mantan Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Keuangan ini, juga menyampaikan harapan Plt Gubernur Sulsel untuk memprioritaskan kegiatan yang menyentuh langsung ke masyarakat.

“Kegiatan yang menyentuh langsung ke masyarakat untuk bidang perpustakaan adalah kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Sedangkan untuk bidang kearsipan yang menyentuh langsung ke masyarakat adalah penataan arsipna keluarga Sulsel. Ini kita jadikan program prioritas,” harapnya.

Hasan Sijaya juga meminta kepada para pustakawan dan arsiparis untuk dapat fokus bekerja lebih giat lagi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

“Lakukan apa saja kegiatan-kegiatan di bidang perpustakaan dan kearsipan, buat program, buat inovasi yang hasilnya dapat menyentuh dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” pintanya sembari mengatakan bahwa di era pandemi sekarang ini banyak hal yang bisa dilakukan oleh pustakawan dan arsiparis dalam rangka membantu masyarakat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapinya.

“Pustakawan dan arsiparis perlihatkan warnamu. Berikan kesan ke pimpinanmu bahwa memang tawwa pustakawan mampu bekerja, arsiparis mampu bekerja dan hasilnya ada, karyanya ada, dan ini juga menjadi legitimasi kita di masyarakat,” ujarnya.

“Lakukan sesuatu yang orang belum lakukan, dan sempurnakan apa yang orang lain sudah lakukan,” kunci Hasan Sijaya. * (naz)

 

 

Leave a Reply