Sesamata fest jadi bukti dua dekade ilmu perpustakaan UINAM

WARNASULSEL.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (HIMAJIP) UIN Alauddin Makassar menggelar Sesamata Fest, 17-19 September 2019.

Sesamata Fest merupakan rangkaian acara literasi dalam rangka memperingati dua dekade jurusan Ilmu Perpustakaan di kampus hijau tersebut.

Jherio Wiranda, ketua panitia acara mengatakan bahwa tujuan digelarnya acara ini tak lain untuk meningkatkan literasi mahasiswa.

SesamataFest diambil dari kata ‘Sesamata’ yang memiliki dua makna yaitu Samata sebagai nama daerah di sini dan imbuhan ‘Se’ yang digabung menjadi Sesamata artinya bersama-sama tidak membeda-bedakan,” ujarnya, Kamis (19/09/2019).

Acara dibuka dengan Seminar Nasional bertema Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, menghadirkan tokoh Perpustakaan  seperti Blasius Sudarsono (Sigma KAPPA Indonesia) Prof Sulistyo Basuki (Guru Besar Ilmu Perpustakaan UI).

Selain itu hadir pula Wiji Suwarno (Pustakawan IAIN Salatiga) dan Muh. Quraisy Mathar (Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin dan Kepala UPT perpustakaan UIN Alauddin Makassar 2015-2019).

Baca juga: Sambut maba, Dema FAH UINAM gelar bedah buku Agroliterasi

Festival dan Anugerah Literasi

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Festival dan Anugerah Literasi’ ini mengundang beberapa narasumber yang kompeten.

Seperti Dr H Barsihannor (Dekan Fakultas Adab 2015-2019), Irmawati Puan Mawar (jurnalis), Mauliah Mulkin (Pegiat Parenting dan Penulis), Darmawan Denassa (Ketua Forum TBM Sulsel), Irsan (Penulis Buku Agroliterasi).

Selain itu, ada Zulkifli M (Penulis Buku Resolusi yang Usang), Delukman A (Penulis Buku Mengutuk Nasib), Askar Nur, Imamul Haq, Muh Naufal Mahdi dan Nursiaa Natsir.

Kegiatan Launching

Adapun kegiatannya yaitu mulai dari Talkshow Literasi, Launching dan Bedah Buku, Disukusi Literasi, Launching Website dan Jurnal Pamatte.com.

Selain itu ada juga Kelas Merajut Bersenang Benang, Sharing Session, Gelar Buku, Zakat Buku, Pasar Buku dan penampilan seni dan sastra lainnya seperti menari dan monolog.

Kegiatan ini berakhir dengan acara malam puncak yang menampilkan Sinrilik yang dibawakan Arif Rahman Daeng Rate dari Bulukumba.

Penonton yang berasal bukan hanya dari kampus UIN itu hanyut dalam festival dua dekade jurusan Ilmu Perpustakaan yang berlangsung di lapangan kampus II UIN Alauddin Makassar.

M. Galang Pratama

Jarang nulis, lebih sering di Jariah Publishing. Menyukai tantangan.

Recent Posts

Bupati Soppeng:Literasi mempunyai peranan penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat

WARNASULSEL.com - Literasi mempunyai peranan penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. Pernyataan itu disampaikan Bupati Soppeng…

1 week ago

Liburan Biaya Terjangkau dengan Domestik Tour Asafa Travel Service

WARNASULSEL.com - Mau liburan tapi cuma punya modal terbatas? Yuk cobain domestik tour dari Asafa…

2 weeks ago

Moh Hasan Sijaya kembali dilantik jadi Kepala Dinas Perpustakaan Sulsel

WARNASULSEL.com - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Abdul Hayat, M.Si atas nama Gubernur Sulawesi…

2 weeks ago

Mendagri: Prioritaskan pencegahan kekerasan perempuan dan anak

WARNASULSEL.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan surat edaran kepada kepala daerah untuk memprioritaskan pencegahan…

2 weeks ago

Kunker DPK Sulsel spirit baru pengembangan Perpustakaan di Bantaeng

WARNASULSEL.com - Bupati Bantaeng yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan H. Hartawan Zainuddin, S.H, M.H,…

3 weeks ago

Bupati Jeneponto sambut baik kunjungan Kadis DPK Sulsel

WARNASULSEL.com - Bupati Jeneponto Drs H Iksan Iskandar, M Si, menyambut baik dan sangat senang…

3 weeks ago

This website uses cookies.

Read More