Perkuat Sinergi Wujudkan Performance Kelembagaan Perpustakaan dan Kearsipan, Kadis DPK Sulsel Silaturahmi dengan Jajaran DPK Kabupaten Luwu  

Dalam rangka memperkuat sinergi untuk mewujudkan performance kelembagaan perpustakaan dan kearsipan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H di dampingi pejabat eselon III dan IV lingkup DPK Sulsel melakukan silaturahmi dengan Jajaran DPK Kabupaten Luwu, di Kantor DPK Kabupaten Luwu, Kamis (14/1/2021).

Kehadiran Kepala DPK Sulsel ini disambut langsung Rakhmat Arifuddin, S.Sos., M.Si yang baru beberapa hari menjabat sebagai Kepala DPK Kabupaten Luwu, dan langsung melakukan peninjauan di ruang layanan perpustakaan dan ruang kearsipan. Setelah itu, Kadis DPK Sulsel diarahkan untuk mengunjungi Taman Baca yang berada di halaman belakang kantor DPK Kabupaten Luwu, sekaligus bersilaturahmi dan menyapa para pejabat struktural dan fungsional serta pegawai lingkup DPK Kabupaten Luwu yang ada di sana.


Pada kesempatan itu Kadis Hasan Sijaya menyampaikan beberapa hal terkait dengan upaya yang telah dilakukan DPK Sulsel untuk membangun performance kelembagaan perpustakaan dan kearsipan, sehingga DPK yang tadinya tidak ‘dipandang’, kini menjadi 5 OPD yang diperhitungkan dari 54 ODP di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Di provinsi kami tidak pernah berhenti untuk berbuat, ada saja perubahan yang kita lakukan. Apalagi perpustakaan sekarang telah bertransformasi, berbasis inklusi sosial jadi kita semakin luwes untuk bergerak, tidak lagi dibatasi dengan ruang dan rak buku semata. Tagline kami di provinsi, untuk perpustakaan, Mencerdaskan Anak Bangsa dari Desa sedangkan untuk kearsipan ArsipNA Keluarga Sulsel,” ujar Hasan Sijaya sembari menyemangati kadis dan staf di jajaran DPK Luwu untuk terus menumbuhkan semangat dan meningkatkan kinerjanya dalam membangun gerakan literasi dan kearsipan di Luwu.

“Tidak usah meminta apa-apa kepada pimpinan. Perlihatkan saja kinerjamu, beri sentuhan-sentuhan, buat inovasi-inovasi di layanan perpustakaan di layanan kearsipan, sekali-sekali undang beliau datang melihat hasil kerja kita, dan jangan lupa mainkan di publikasi, sehingga orang tahu, masyarakat tahu apa yang kita perbuat,” imbuhnya.

Mantan Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Keuangan ini juga menyampaikan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel juga akan terus bersinergi dengan Dinas Perpustakaan Kabupaten Luwu. Ada beberapa kegiatan provinsi nantinya akan dilaksanakan di Luwu baik itu dalam bidang kearsipan maupun dalam bidang perpustakaan, termasuk implementasi kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Sementara itu Kepala DPK Luwu Rakhmat Arifuddin menyampaikan terima kasih kepada Kadis DPK Sulsel beserta jajarannya yang telah berkunjung melihat langsung kondisi Kantor DPK Kabupaten Luwu.

“Kami tadi sudah banyak berdiskusi dengan Pak Kadis Provinsi, beliau banyak memberikan masukan-masukan, kami juga menyampaikan harapan-harapan. Kita perkuat sinergi antara program provinsi dan Kabupaten Luwu,” ucap Rakhmat.

Sebagai pejabat baru di DPK Luwu, Rakhmat juga bertekat untuk mewujudkan paradigma baru perpustakaan di Luwu.
“Tidak lagi seperti dulu, sekadar menyiapkan buku, lalu setelah itu selesai persoalan. Tidak seperti itu, kita berharap bagaimana buku itu menjadi alat pendidikan, alat budaya bagi masyarakat, demi kesejahteraan masyarakat, jadi perpustakaan harus bertransformasi, harus berinklusi sosial,” kuncinya. (naz)

Leave a Reply