Pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Luwu Takjub Melihat Perubahan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel

Sejumlah pejabat struktural dan fungsional Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Luwu takjub melihat perubahan signifikan yang terjadi di kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.

“We… luar biasa, cantiknyami Gedung Perpustakaanta Pak, dua tahun lalu waktu kami mengikuti pameran dalam rangka pekan perpustakaan di sini belum seperti ini Pak Kadis,” kata salah seorang pejabat struktural DPK Luwu di hadapan Kepala DPK Sulsel usai melakukan peninjauan di Gedung eks Perpustakaan Multimedia DPK Sulsel.

“Kalau saya, tahun lalu saya ke sini belum seperti ini. Ruangannya sekarang sudah tertata dengan baik, indah dan suasananya sangat bangus,” lanjut komentar dari salah seorang pustakawan DPK Luwu yang turut mendampingi Kepala DPK Luwu ketika melakukan kunjungan ke Kantor DPK Sulsel, Rabu (10/2/2021).

Kehadiran Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, Rakhmat Arifuddin, S.Sos, M.Si di dampingi sejumlah pejabat struktural dan fungsionalnya, bersama Kepala Dinas Kearsipan Kota Palopo, Eka Sukmawati, S.STP, M.M, yang melakukan kunjungan silaturahim ke DPK Sulsel, diterima secara resmi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H di ruang pertemuan lantai dua Gedung Layanan Perpustakaan Umum.

Pada pertemuan itu Kepala DPK Sulsel  di dampingi Kepala Bidang Bidang Perpustakaan Drs. Yulianto, M.M, Kepala UPT Layanan Perpustakaan Abd. Hadi, S.Sos., M.Si, Kasi Pembinaan Perpustakaan Nilma, Sos, M.M, Kasi Deposit Drs. Muh. Syahrir Razak, M.AP, Kasi Layanan Perpustakaan Hj. Feby Primajanti T.T, S.Sos., M.Si, Kasubag T.U Layanan Perpustakaan Arwadia, S,AP.

Kadis  Hasan Sijaya dalam sambutan penerimaannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kadis Kearsipan Kota Palopo dan Kadis DPK Luwu beserta jajarannya di Kantor DPK Sulsel dan berharap kunjungan ini akan memperkuat hubungan sinergitas antara jajaran DPK provinsi dan kabupaten/kota.

Pada kesempatan itu, Kadis Hasan Sijaya juga menyampaikan beberapa trik dan strategi yang dilakukan sejak ia diberi kepercayaan untuk menakhodai DPK Sulsel dalam menata dan membangun performance kelembagaan perpustakaan dan kearsipan di Sulsel, sehingga DPK Sulsel yang tadinya tidak diperhitungkan kini menjadi 5 besar dari 54 OPD lingkup Pemprov Sulsel yang menjadi perhatian untuk ukuran kinerjanya. DPK Sulsel pada tahun 2020 juga dItetapkan oleh Perpustakasn Nasional RI sebagai Dinas Perpustakaan Provinsi terbaik dalam inplementasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Indonesia, dengan jumlah dokumentasi online kegiatan terbanyak.

Selain melakukan pembenahan dan merubah wajah 5 kantor yang dimiliki DPK Sulsel, Kadis DPK juga berupaya merubah mindset para pegawai bahwa keberadaan perpustakaan dan kearsipan itu penting, ia memacu semangat para pegawai untuk terus meningkatkan kinerjanya sehingga keberadaan DPK ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Semangat kerja ini juga ditularkan ke kabupaten/kota.

Untuk mengembangkan kegiatan perpustakaan dan kearsipan, jajaran DPK Sulsel berupaya memperkuat kerjasama dan sinergi dengan para pegiat literasi, seniman, budayawan, penulis dan OPD terkait termasuk dengan anggota DPRD Sulsel. Begitu juga sinergi dan koordinasi dengan kabupaten/kota dan pusat.

Sementara itu, Rakhmat Arifuddin yang baru sebulan lebih menjabat Kepala DPK Kabupaten Luwu menyampaikan terima kasih atas motivasi yang disampaikan Kepala DPK Sulsel dan berharap mudah-mudahan ini bisa memacu semangat kerja di jajaran DPK Kabupaten Luwu.

“Tentu saja motivasi ini sangat bermanfaat untuk memunculkan citra kita bahwa DPK juga mampu berbuat untuk kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Senada dengan itu, Eka Sukmawati yang juga baru sebulan lebih menjabat Kadis Kearsipan Kota Palopo berharap, DPK Sulsel dapat terus memberikan perhatian, dukungan dan bantuannya untuk pengembangan kegiatan Kearsipan di Kota Palopo.

Usai melakukan pertemuan, Rombongan Kadis DPK Luwu dan Kadis Kearsipan Polopo ini melakukan peninjauan di Gedung Layanan Perpustakaan Umum, dilanjutkan dengan peninjauan dan melihat langsung proses pengolahan buku di Gedung eks Layanan Perpustakaan Mulitimedia. Selanjutnya melakukan peninjauan dan melihat langsung kegiatan pelibatan masyarakat Pelatihan Pembuatan Konektor Masker oleh ibu-ibu Majelis Taklim, kerjasama PKK dan Dekranasda Sulsel dengan DPK Sulsel di Gedung Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak di Jalan Lanto Dg. Pasewang, satu satunya perpustakaan Layanan Ibu dan Anak dan menjadi Role Model di Indonesia.

Rombongan dari DPK Luwu dan Dinas Kearsipan Palopo mengakhiri kunjungannya dengan melakukan peninjauan dan menyaksikan kegiatan pengolahan kearsipan di Gedung Layanan Kearsipan DPK Sulsel di Jl. Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea Makassar, yang juga merupakan salah satu Gedung Kearsipan terbaik di Indonesia. *(naz)

Leave a Reply