Kemenkop UKM luncurkan pelatihan e-learning gratis bagi SDM KUKM

WARNASULSEL.com – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Teten Masduki resmi meluncurkan program pelatihan online atau e-learning secara gratis bagi pelaku UMKM.

Media Pembalajaran ini merupakan wujud sumbangsih Pemerintah, khususnya Kementerian KUKM, dalam rangka memberikan bekal dan skill kepada para pelaku KUKM serta mengingat banyaknya pegawai yang terkena dampak Covid 19.

“Kami harapkan, dengan adanya media online ini, dapat membantu rekan rekan semua untuk tetap meningkatkan kompetensi di manapun berada,” kata Teten Masduki dalam sambutannya di laman edukukm.id.

Teten menambahkan pelatihan ini dilakukan secara online dengan bimbingan para tutor dan motivator yang kompeten di bidangnya.

“Kami mempersiapkan pelatihan kewirausahaan, manajemen koperasi, kejuruan dan standarisasi secara online di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan konsep One Stop Service yang dapat diakses melalui website edukukm.id,” ujarnya dalam pressconference secara virtual, Kamis (30/4/2020).

Baca: Pemerintah kucurkan Rp110 triliun buat penangguhan pembayaran listrik, sembako gratis dan PKH

Teten juga menyebutkan pelatihan ini dilengkapi dengan kuis sebagai indeks pengujian akhir agar peserta dapat memperoleh Surat Keterangan Online untuk dapat digunakan pada fasilitas lanjutan yang berada di Kemenkop UKM.

“Setelah pelatihan akan ditindaklanjuti dengan mencoba menghubungkan dengan akses pasar. Tentunya dengan mekanisme yang sudah ditentukan,” kata dia.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop dan UKM Arif Rahman Hakim mengatakan gagasan pelatihan online ini bukan hanya dalam rangka merespon situasi Covid-19, namun sudah menjadi tugas utama kementerian untuk mengadakan pelatihan secara rutin dari tahun ke tahun.

Baca: Pesan Prof Idrus Paturusi setelah sembuh dari serangan Covid-19

Oleh karena itu, lanjut Arif, peserta pelatihan online ini tidak hanya menyasar daerah yang masuk dalam daftar zona merah, namun bersifat menyeluruh asalkan memenuhi syarat utama yakni memiliki usaha.

“Tentu yang di zona merah nanti bisa kita prioritaskan tapi untuk saat ini kita tidak melakukan penggolongan prioritas terlebih dahulu,” kata dia. “E-learning ini secara bertahap akan terus dikembangkan isinya, yang di mana, materi-materi tersebut dapat diakses oleh setiap orang, dari manapun secara online.”

“Tim Deputi Pengembangan SDM, kementerian KUKM, terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, dan melakukan riset untuk dapat menyajikan materi materi yang menarik serta terkini,” tutupnya.

Cara Daftar E-Learning KUKM edukukm.id

Daftar E Learning Gratis Kemenkop UKM

Daftar E Learning Gratis Kemenkop UKM

Silakan masuk ke halaman resminya di https://edukukm.id.

  • Pilih Menu Pojok Kanan Atas, Klik Daftar
  • Isi informasi profil (Nama, NIK, No.HP, Email, dan jangan lupa siapkan scan foto KTP untuk diupload)
  • Selanjutnya klik Sign Up. Anda akan mendapatkan konfirmasi nama akun dan password melalui WhatsApp dan email
  • Silakan Log In menggunakan username dan password
  • Isi Profil seperti nama usaha, alamat, Nomor NPWP, Nomor IUMK atau Izin Berusaha, dan informasi mengenai jenis usaha
  • Setelah update profil, Anda sudah mendapat akses ke pelatihan online.

Apa Saja Jenis Pelatihannya?

Pelatihan e Learning Gratis KUKM

Pelatihan e Learning Gratis KUKM

Untuk saat ini, pelatihan diberikan melalui video yang dapat diakses terbatas.

Kelas pelatihan terdiri dari empat.

  • Pertama, Tools Pendukung Promosi Online
  • Kedua, Promosi Online dengan Menciptakan Brand
  • Ketiga, Pemasaran Online Melalui Marketplace
  • Keempat, Bisnis Online: Mengenal Kelebihan dan Menggali Potensi Pasar Online.

Masing masing materi kelas hanya akan diberikan satu kali. Ketika sudah memilik kelas tertentu, maka kita diberikan video untuk mengaksesnya.

Baca: Pelatihan online gratis untuk UMKM, daftar di sini

Setelah itu, ada kuis yang diberikan berupa beberapa pertanyaan terkait materi yang sudah diberikan. Soalnya dalam bentuk pilihan ganda, mulai 5-10 soal.

Terakhir, Anda dapat mengunduh sertifikat (surat keterangan) dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (mgp)

Leave a Reply