Catat!! Ini jadwal acara lengkap MIWF 2019 hari pertama

WARNASULSEL.com – Makassar International Writers Festival (MIWF) merupakan festival sastra tahunan yang diselenggarakan pertama kali pada tahun 2011 oleh Rumata’ Artspace. Perhelatan berskala internasional ini merupakan satu-satunya dan yang pertama diadakan di Indonesia Timur.

Writers dan Speakers Makassar International Writers Festival

Acara yang digelar selama empat hari mulai Rabu-Sabtu (26-29/6/2019) ini mengusung tema “People”. Menanggapi tema tersebut, direktur MIWF dalam rilisnya menyebut bahwa tema ini diambil untuk mengingat kembali konstelasi politik yang baru saja diadakan di Indonesia.

“People dipilih sebagai tema karena Indonesia baru saja selesai mengadakan Pemilu -salah satu yang paling kompleks di dunia- dan wacana serta media arus utama dikuasai oleh urusan politik. Sementara people (rakyat) seolah-olah hanya diperhatikan saat perebutan kekuasaan,” kata Lily.

Baca juga : Pelangi ilmu bookstore, toko buku indie favorit di Makassar

Nah, bagi Anda yang sudah siap datang ke acara MIWF mulai besok, Rabu 26 Juni 2019, berikut jadwal acara lengkap MIWF khusus hari Rabu (26/6/2019).

1. Pukul 10.00-12.00

Principles In Script Writings

Program Workshop: Principles in Script Writing yang akan dibawakan langsung oleh Yandy Laurens, dipandu oleh Astrid AF, bertempat di gedung LT Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar, Jl. HM Yasin Limpo, Samata Kab. Gowa.

2. Pukul 10.00-12.00

Special Program: Socialisation of Law of the Advancement of Culture, akan dibawakan oleh Yudistira dan Ageng Rahmadi. Dipandu oleh Dewi Noviami berlangsung di Chapel, Fort Rotterdam.

3. Pukul 13.30-16.30

Tribute to Prof. Sangkot Marzuki: Science Knows No Boundaries, dibawakan oleh Sangkot Marzuki dengan host Sudirman Nasir. Kegiatan ini berlangsung di Aula Prof Ir. Fachruddin Pasca UNHAS.

4. Pukul 14.00-15.30

Don’t Judge A Book by Its Movie: Keluarga Cemara, dibawakan langsung oleh direktur filmnya, Yandy Laurens. Akan dipandu oleh Mawar Lestari bertempat di Chapel.

5. Pukul 14.00-15.30

Book launch Faisal Oddang

Book Launch: Raymond Carver Terkubur Mie Instan di Iowa, dibawakan langsung oleh sastrawan asal Sulsel, Faisal Oddang. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Wawan Kurniawan berlangsung di Dewan Kesenian Makassar (DKM), Fort Rotterdam.

6. Pukul 14.00-15.30

Alfian Dippahatang

Book Launch: Bertarung Dalam Sarung, dihadiri oleh penulisnya, Alfian Dippahatang. Acara yang dipandu oleh Mariati Atkah ini berlangsung di gedung I La Galigo, Fort Rotterdam.

7. Pukul 16.00-17.00

Talkshow: Books For Children in Remote Islands oleh Ridwan Alimuddin, Perahu Pustaka Team, dan Rahmat HM. Moderator M. Takdir, bertempat di Taman Baca.

8. Pukul 16.00-18.00

Celebrating Poetry Books

Celebrating Poetry; Keterampilan Membaca Laut; 100 Soneta Cinta; Bahaya-bahaya yang Indah; Selamat Datang, Bulan; Struktur Cinta Yang Pudar; Selfiesh. Dibawakan oleh Siska Yuanita, Lala Bohang, Faisal Oddang, M. Aan Mansyur, Ama Achmad, Ibe S. Palogai. Sedangkan acara yang berlangsung di Chapel ini pandu oleh Shinta Febriany.

9. Pukul 16.00-17.30

Talkshow: Silent Culture. Special featuring Filemon Aloysius Limba, dan Bambang Ramadan. Dipandu oleh Septi Rosa Utami bertempat di I La Galigo.

Silent Culture

10. Pukul 16.00-17.30

Book Launch: Cara Berbahagia Tanpa Kepala. Dibawakan langsung oleh Triskaidekaman dipandu Fadli Refualu akan hadir di DKM.

11. Pukul 17.00-18.00

Children’s Theater oleh Rumah Dongeng berlangsung di Taman Baca.

Baca juga : Cerpen rahasia hamidah

12. Pukul 17.00

A Cup of Poetry, siapa saja boleh membacakan puisinya di sini. Berlangsung di Taman Rasa dipandu oleh penyair Ibe S. Palogai.

Ibe S. Palogai

13. Pukul 19.00-22.00

Adalah acara yang ditunggu tunggu. Opening Night. Malam pembukaan MIWF 2019. Berlangsung di Main Stage.

Oke, sudah jelas ya jadwal acara pada hari pertama MIWF 2019 ini. Silakan catat program yang akan Anda ikuti. Jangan lupa ajak keluarga, teman atau pasangan Anda. Nikmati festival penulis terbesar di Kawasan Timur Indonesia ini. (mgp)

Baca juga : Mengenal Yusman, owner toko buku Pelangi Ilmu

Sumber gambar : MIWF

M. Galang Pratama @kampuspuisi

Jarang nulis, lebih sering di Jariah Publishing. Menyukai tantangan.

View Comments

    Recent Posts

    • Daerah
    • Peristiwa

    FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

      WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

    2 weeks ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

      WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

    2 weeks ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

        WARNASULSEL.com - Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul…

    2 weeks ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

          WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

    2 weeks ago
    • Peristiwa

    Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

        WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

    3 weeks ago
    • Cawah
    • Uncategorized

    Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

    WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

    3 weeks ago