Hasan Sijaya: Perpustakaan ini Lembaga Penting, Tanpa Perpustakaan Palopo ini Tidak Ada Nilainya

Kepala Dinas Perpuastakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H. menegaskan hal yang pertama dan utama yang harus melengket di mindset para pegawai yang bekerja di Dinas Perpustakaan adalah bahwa kelembagaan perpustakaan itu penting.

“Tanpa perpustakaan Palopo ini tidak ada nilainya, Lihatlah di kota-kota besar terutama di luar negeri, mereka membangun dan memberi perhatian terhadap keberadaan perpustakaan di Kotanya,” kata Hasan Sijaya ketika melakukan pertemuan dengan para pejabat dan pegawai di jajaran Dinas
Perpustakaan Kota Palopo, Jumat (15/1/2020).

Kehadiran saya di sini ingin membangkitkan semangat juang kita sebagai pejuang literasi, dengan tagline mencerdaskan anak bangsa dari desa,” papar Hasan Sijaya.

Begitu juga dengan para pegawai di Dinas Kearsipan Kota Palopo, Hasan Sijaya memita kepada para pegawainya untuk menanamkan mindset bahwa kelembagaan arsip itu penting.

“Kalau kau mau budayamu terjaga tidak hilang, jaga dan pelihara arsipmu. Kalau kau tidak mau berhadapan dengan hukum perbaiki arsipmu” kata Hasan Sijaya di hadapan para pejabat dan pegawai Dinas Kearsipan Kota Palopo, ketika melakukan kunjungan kerja dalam rangka membangun sinergi dengan Dinas Perpustakaan Kota Palopo dan Dinas Kearsipan Kota Palopo.l

Kadis Hasan Sijaya yang di dampingi pejabat Eselon III dan IVnya mengawali kunjungan kerjanya di Kota Palopo dengan melakukan peninjauan di Kantor Dinas Perpustakaan yang baru saja selesai di renovasi, dilanjutkan dengan melakukan pertemuanl dengan para pegawai di jajaran Dinas Perpustakaan Kota Palopo yang dipand langsung Kadis Perpustakaan Kota Palopo, Asmiati, S.Sos.

 

 

 

Selanjutnya Kadis DPK Sulsel bersama Kadis Perpustakaan Kota Palopo melakukan peninjauan ke Perpustakaan Kelurahan Dange Rakko dan memberikan bantuan buku ke perpustakaan tersebut yang merupakan salah satu perpustakaan yang cukup aktif melakukan kegiata literasi dan pemberdayaan masyarakat di Kota Palopo.

Setelah itu, Kadis DPK Sulsel melakukan peninjauan di Kantor Dinas Kearsipan Kota Palopo dan diterima langsung oleh Kadis Kearsipan Kota Palopo, Eka Sukmawati, S.STP, M.M. yang juga dilanjutkan dengan melakukan pertemuan dengan para pegawai lingkup Dinas Kearsipan Kota Palopo.

Untuk menjadikan lembaga perpustakaan dan kearsipan ini dilirik dan diperhitungkan termasuk oleh pimpinan di tingkat daerah, maka tunjukkan kinerjamu.

“Tidak perlu kita meminta untuk diperhatikan. Tapi perbaiki kinerjamu, lakukanlah sentuhan-sentuhan, buatlah inovasi-inovasi. Yang perlu kita perlihatkan kepada pimpinan adalah kerja kita, sehingga legitimasi formal dari pimpinan khususnya Walikota pasti kita dapatkan, dan jangan lupa bermain dengan media, sehingga apa yang kita lakukan diketahui oleh masyarakat, ” papar Hasan Sijaya, berbagi tips sembari mencontohkan keberhasilan yang diraih DPK provinsi Sulsel, yang
dulu tidak dilirik orang sekarang menjadi salah satu dari 5 OPD yang diperhitungkan dari 54 OPD di Provinsi Sulsel.

Semangat kerja dan keberhasilan DPK provinsi ini harus ditularkan ke kabupaten/kota. Oleh karena itu menurut Hasan Sijaya sinergi antara DPK provinsi dan kabupaten/kota harus terus dibangun, antara lain dengan menempatkan beberapa kegiatan DPK Provinsi baik di bidang perpustakaan maupun kearsipan untuk dilaksanakan di Kota Palopo, seperti Bimtek, Bedah Buku dan Roadshow Pembudayaan Kegemaran Membaca. (naz)

Leave a Reply