DPK Sulsel – UIM kerja sama pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan transformasi Perpustakaan

WARNASULSEL.com – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H dan Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Dr. Ir. Hj. Andi Majdah M. Zain, M.Si menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama dalam bidang peningkatan dan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Transformasi Perpustakaan, di Aula Kampus UIM, Senin (10/8/2020).

Secara khusus juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement antara Kadis DPK Moh. Hasan Sijaya dengan Dekan Fakultas Sastra dan Humaniora UIM Muh. Fihris Khalik, S.S., M.A., Ph.D tentang Kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan ruang lingkup meliputi (1) Pengembangan sumber daya manusia di bidang kesusastraan dan kepustakawanan, (2) Pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan, (3) Pertemuan ilmiah dalam bidang kesusastraan dan kepustakawanan, (4) Pengembangan ilmiah, pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi bersama, (5) Perluasan jejaring perpustakaan lingkup Daerah dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kerjasama DPK Sulsel - UIM

Kerjasama DPK Sulsel – UIM

Juga dilakukan penandatanganan Implementation Arrangement antara Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi UIM dengan Bidang Pembinaan Perpustakaan DPK Sulsel tentang program penyediaan fasilitas penunjang pendidikan dan pengajaran/perekrutan calon mahasiswa baru kelas eksekutif, tenaga pendidik, pengembangan research dan pengabdian masyarakat, PKL/magang/pelatihan/penyuluhan/workshop mahasiswa, serta pengembangan, pembinaan dan pelayanan perpustakaan, yang ditandatangani langsung Ketua Prodi La Ode Rusadi, S.IP., M.Hum dan Kepala Bidang Perpustakaan Nilma, S.Sos., M.M.

Dalam sambutannya pada acara penandatanganan kesepahaman bersama tersebut, Rektor UIM Andi Majdah mengatakan bahwa dalam perkembangan peradaban saat ini tidak ada sebuah institusi, tidak ada orang yang bisa maju sendiri, sekarang ini eranya kita untuk berkolaborasi, eranya untuk kita maju bersama, sebagai institusi pendidikan betul-betul maju bersama untuk mencerdaskan bangsa.

Kerjasama DPK Sulsel - UIM

Ditegaskan bahwa, perpustakaan adalah jendela ilmu, kalau kita mau melihat kemajuan sebuah perguruan tinggi tentu kita harus melihat perpustakaannya, bagaimana aktivitas mahasiswa di perpustakaan, bagaimana dosen-dosen bisa meningkatkan kapasitasnya melalui kegiatan penelitian itu yang tepublikasi semuanya. Sehingga perpustakaan menjadi sebuah keniscayaan.

“Itulah sebabnya ketika kita mau memutuskan untuk mengembangkan kampus ini menjadi kampus yang modern, kita membangun kampus yang kita namai Urban Kampus maka perpustakaan menjadi hal yang utama selain masjid. Karena di situ kita akan membangun sebuah peradaban di mana alumni itu insya Allah mumpuni ilmunya, terampil tetapi mereka berakhlak mulia,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang membangun perpustakaan tiga lantai, dan sebelumnya sudah melakukan MoU dengan Kepala Perpusnas RI. Dan Kepala Perpusnas RI sudah membantu digital library dan insya Allah perangkatnya akan diserahkan pada bulan september 2020.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel dalam mengawali sambutannya menyampaikan salam hormat Gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah atas bentuk perhatian UIM yang selalu ingin bekerja sama membesarkan kelembagaan kita sama-sama, membesarkan kampus kita, membesarkan dinas perpustakaan dan selalu bekerja sama dalam mencerdaskan anak bangsa melalui perpustakaan yang ada.

Selanjutnya Hasan Sijaya, mengatakan bahwa pihaknya sangat merespons bentuk kerja sama seperti ini, sembari berharap mudah-mudahan ruang-ruang yang ada di layanan perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan ini, menjadi ruang bagi mahasiswa kita.

“Terima kasih atas kerja samanya, kami senantiasa menyikapi apa yang menjadi keinginan dari Universitas Islam Makassar dan kami bersedia untuk setiap saat mahasiswa-mahasiswa, baik dari Universitas Islam Makassar maupun dari Universitas Indonesia Timur dan perguruan tinggi lainnya bisa magang di kantor kami, kami lebih senang dan kami lebih berbahagia,” ujarnya.

Pada acara Launching Program Smart Campus Universitas Islam Makassar dan Penandatanganan MoU ini, selain dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Rektor Universitas Islam Makassar juga melakukan penandatanganan MoU dengan Kepala Dinas tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sulawesi Selatan, Rektor Universitas Indonesia Timur dan dengan Kakanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan. * (naz)

Leave a Reply