Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Gelar Isra Mi’raj Untuk Membentuk Pribadi Cerdas, Berkarakter dan Berakhlakul Karimah

Jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (12/3/2021) menggelar  Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Syahrul Qiraah DPK Sulsel yang dihadiri para pegawai ASN, PTT dan PHL  jajaran DPK Sulsel dan jamaah masjid Syahrul Qiraah.

Kegiatan yang bertemakan Dengan Memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1442 Hijriah  Kita Tingkatkan Ketaatan dan Keimanan dalam Membentuk Pribadi Cerdas, Berkarakter dan Berakhlakul Kariman ini menghadirkan penceramah Ustadz Dr. H. Mujetaba Mustafa, S.Ag. M.Ag. Dosen UIN Alaluddin Makassar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H dalam sambutan pengarahannya mengatakan hari ini kita sangat berbahagia karena kegiatan Jumat ibadah di DPK Sulsel ini sudah kita laksanakan kedua kalinya yang pertama Jumat lalu di Masjid Ashabul Jannah.

“Masjid kita ada dua, jadi kita bagi, minggu lalu minggu pertama kita laksanakan Jumat Ibadah di Masjid Ashabul Jannah DPK Sulsel (Kantor Perpustakaan) dan di sini kita lakukan Jumat Bersih. Hari ini minggu kedua Jumat Ibadah kita lakukan di Masjid Syahrul Qiraah DPK Sulsel (Kantor Arsip) dan istimewa sekali karena bertepatan dengan Isra Mi’raj Nabi Muhamad SAW, dan Jumat  Bersihnya di Kantor Perpustakaan,” jelas Hasan Sijaya.

“Saya berharap ini menjadi kegiatan rutin kita tampa dikomando, kita hadir bersama melaksanakan kegiatan ini. Kita jadikan ini budaya, yang kita laksanakan terus menerus di DPK Sulsel siapapun pimpinannya,” imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan ini selain bertujuan untuk memperkuat Ukhuwah Islamiyah kita, juga mendorong kita untuk selalu berpikir positif mengedepankan positif thinking, bertutur kata yang baik, berbuat yang baik, menyampaikan sesuatu yang baik. Selain itu untuk menambah ilmu dan lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

“Silaturahmi itu perlu dijaga, karena ini dasar kita untuk selalu bekerja dalam satu tim work. Kalau silaturahmi ini kita selalu wujudkan bersama-sama Insya Allah apa yang menjadi keinginan kita bahwa kita akan mendapatkan legitimasi, pengakuan dari pimpinan, pengakuan dari masyarakat itu sendiri Insya Allah pasti kita akan wujudkan,” tandasnya.

Hasan Sijaya pada kesempatan itu juga mengajak para pegawai di jajaran DPK Sulsel untuk selalu menebar kebaikan. Menurutnya, menebar kebaikan itu manjadi keharusan, hari ini mungkin kita belum merasakan hasilnya tapi Insya Allah kita pasti akan merasakan hasilnya, dari semua perbuatan baik yang kita lakukan pasti akan dibalas oleh Allah SWT.

“Yakinlah bahwa kalau kita selalu berbuat kebaikan pasti akan berpengaruh terhadap kehidupan kita, salah satunya Insya Allah perasaan kita tidak akan pernah susah,” kuncinya.

Sementara itu Ustadz Dr. H. Mujetaba dalam ceramahnya menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang bukan hanya datang mengajarkan ruku, sujud dan melakukan perbuatan berbakti kepada Tuhan. Nabi datang selain mengajarkan shalat dia mengajarkan sistem kehidupan yang menjadikan hidup dengan penuh persaudaraan, kecintaan, tolong menolong dan hidup saling memberikan manfaat.

Pada sisi lain ceramahnya, Ustadz Mujetaba memaparkan bahwa Isra Mi’raj ini adalah peristiwa penting yang menyertai datangnya suatu kejadian yang sangat penting yaitu Shalat. Ibadah Shalat ini adalah ibadah yang paling utama diperintahkan Allah. Ibadah shalat adalah satu jenis ibadah yang tidak ada tandingannya diantara semua ibadah yang kita kenal dalam Islam.

“Ibadah lainnya seperti Ibadah Hadi, Ibadah Umar, Ibadah  Zakat, Ibadah  Puasa. Semua ibadah ini diperintahkan kewajibannya melalui Malaikat Jibril yang mendatangkan ayat kewajibannya. Tetapi Shalat diwajibkan dengan dipanggil langsung pemilik Syariat ini Allah untuk diberikan kepada pihak yang akan mewujudkan penetapan Syariat itu yaitu Muhammad SAW,” jelasnya.

Lebih lanjut Ustadz Mujetaba menjelaskan kenapa Allah memerintahkan Shalat ini, karena ini adalah ibadah di suatu sisi, tetapi ibadah ini mengintegrasikan semua nilai-nilai kebaikan untuk dijadikan ispirasi di dalamnya inspirasi kepemimpinan ada di dalam shalat, inspirasi persaudaraan ada di dalam shalat, inspirasi pemberian manfaat dan keselamatan ada di dalam shalat.

Pada rangkaian kegiatan ini, Kadis Hasan Sijaya juga menyerahkan bantuan 10 juta rupiah untuk perbaikan plapon masjid, dan meminta kepada para pegawai untuk turut berpartisipasi dalam perbaikan masjid ini.

Usai Isra Mi’raj, juga dilaksanakan kegiatan donor darah dari PMI Makassar untuk para pegawai DPK Sulsel.* (naz)

Leave a Reply