Beasiswa Unggulan Segera Dibuka

WARNASULSEL.com – Informasi mengenai Beasiswa Unggulan mulai menunjukkan lampu hijau untuk segera dibuka ‎kembali setelah beberapa waktu belum ada penjelasan langsung dari Kementerian yang ‎menjalankan program ini.‎

Beasiswa Unggulan (BU) yang awalnya dikelola oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saat ini telah diambil alih oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Permendikbud Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini dialihkan ke Biro yang berbeda, namun masih dalam satu Kementerian. Sosialisasi mengenai Beasiswa Unggulan dikupas tuntas melalui kegiatan Beasiswa Unggulan Menyapa yang dilaksanakan secara daring pada Kamis-Jum’at, 10-11 September 2020.

Sakina Amaliah Pratiwi

Dasar pelaksanaan program ini sesuai Permendikbud Nomor 95 Tahun 2013. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari I Wayan Loster, selaku Sub Koordinator Program Beasiswa Unggulan pada kegiatan Beasiswa Unggulan Menyapa bahwa Beasiswa Unggulan akan segera dibuka, meskipun belum ada waktu yang disampaikan.

Syarat Beasiswa Unggulan

Selain itu juga dijelaskan syarat pendaftaran, antara lain:

  • Diterima di Perguruan Tinggi minimal berakreditasi B
  • Membuat Proposal Rencana Studi (alasan memilih prodi tersebut)
    Peraih juara peringkat 5 besar
    Membuat Essay dengan tema “Aku Generasi Unggul Kebanggan Bangsa Indonesia”.

Syarat penulisan yaitu

  • Essay ditulis 3-5 halaman, menggunakan huruf jenis Times New Roman, Ukuran tulisan 12, dan Spasi 1,5.
  • Selain itu, syarat lain juga perlu diperhatikan seperti mahasiswa maksimal berada pada Semester 3 ketika mendaftar untuk semua jenjang (S1/S2/S3),
  • skor TOEFL/IBT/IELTS tidak diwajibkan bagi mahasiswa S1 sedangkan pendaftar jenjang S2 dan S3 diwajibkan dengan skor minimal 500 (TOEFL), 61 (IBT), dan 5,5 (IELTS).

Selain beberapa persyaratan tersebut, hal lain yang dipersyaratkan adalah Indeks Prestasi Semester (IPS) pendaftar minimal 3,00 yang sebelumnya untuk jenjang S1 IPS 2,75. Kategori peraih juara tingkat internasional, nasional dan regional pada bidang Sains, Olahraga, Seni, Budaya, dan Teknologi menjadi salah satu syarat pada pendaftaran BU yang dibuka mendatang.

BU mempunyai tiga komponen yang dibiayai, yaitu biaya pendidikan (SPP/UKT/Semester), biaya hidup, dan biaya buku.

Model Seleksi

Model seleksi beasiswa ini ada dua yaitu seleksi kelengkapan dan kesesuaian administrasi dan seleksi wawancara secara tatap muka dengan peserta.

“Apabila BU telah dibuka di masa pandemi, maka seleksi wawancara dilaksanakan secara virtual,” tutur salah satu pembicara pada kegiatan BU Menyapa.

Informasi mengenai BU akan disampaikan secara resmi melalui website resmi Beasiswa Unggulan Kemdikbud. Jika terdapat kendala yang dihadapi bisa langsung melakukan pengaduan melalui email beasiswa.unggulan@kemdikbud.go.id atau Hotline 0821 6755 6665.

Penulis: Sakina Amaliah Pratiwi (Mahasiswi Pendidikan Biologi ICP UNM Makassar, Penerima Beasiswa Unggulan)

Sumber: https://sakinapratiwi.wordpress.com/

Leave a Reply