Connect with us

Peristiwa

Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka Kado Terindah untuk Kepala DPK Provinsi Hasan Sijaya di Hari Jadi Sulsel ke 353

Published

on

Moh Hasan Raih Nugra Jasa Dharma Pustaloka
Foto: Nazaruddin | warnasulsel.com
Spread the love

WARNASULSEL.com – Peringatan Hari jadi Sulawesi Selatan ke-353 tanggal 19 Oktober 2022 menjadi momen yang istimewa bagi Jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan.

Betapa tidak, menjelang upacara peringatan hari jadi Sulsel ke-353 ini, DPK Sulsel menerima secara resmi surat dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), yang mengundang Mohammad Hasan, S.H., M.H Kepala DPK Provinsi Sulawesi Selatan untuk menerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka.

Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka ini merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Perpusnas RI kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi besar melalui sumbangsih dan dedikasinya dalam mengembangkan perpustakaan dan budaya baca di Indonesia.

Penetapan Kepala DPK Prov Sulsel Moh. Hasan sebagai penerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka tahun 2022 untuk Kategori Pejabat Publik, tertuang dalam Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 237 tahun 2022 tentang penetapan penerima penghargaan  Nugra Jasa Dharma Pustaloka Kategori Pembudayaan Kegemaran Membaca Tahun 2022.

Melalui surat tersebut, Kepala Perpusnas RI Muh. Syarif Bando mengundang Kepala DPK Sulsel untuk menerima penghargaan tersebut pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 November 2022 di Integrity Convention Centre Kemayoran Jakarta.

Mengetahui Kepala Dinasnya menerima penghargaan Nugrah Jasa Dharma Pustaloka, menjelang pelaksanaan Upacara Hari Jadi Sulsel ke-353 di Halaman Gedung Layanan Perpustakaan DPK Sulsel, Rabu (19/10/2022), ratusan pegawai DPK Sulsel menyampaikan ucapan selamat kepada Kepala Dinas atas penghargaan tersebut, sekaligus selamat untuk hari Jadi Sulsel ke 353.

Sementara itu, pada Upacara Peringatan Hari Jadi Sulsel yang mengusung tema “Sulsel Optimis, Sulsel Tangguh, Ekonomi Berdaulat”, Kadis Moh. Hasan yang akrab disapa Hasan Sijaya yang bertindak selaku pembina upacara, dalam amanatnya  menegaskan bahwa peringatan Hari jadi Sulsel ini menjadi kebanggaan kita sebagai Orang Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja dan ini diperlihatkan dengan kebanggaan menggunakan pakaian adat Sulsel dalam upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai lingkup DPK Sulsel mulai dari pejabat Administrator ,pengawas, pejabat fungsional pustakawan, arsiparasi, CPNS/PPPK dan PTT lingkup DPK Sulsel.

Pada kesempatan itu Kadis Hasan Sijaya juga menegaskan bahawa pada tahun 2022 ini, DPK sudah menorehkan beberapa prestasi, baik di bidang perpustakaan maupun di Bidang Kearsipan.

Untuk Bidang Perpustakaan, kata Hasan Sijaya, kita sudah juara selama 3 tahun berturut-turut sebagai Tim Sinergi Terbaik dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) Nasional dan menjadi terbaik dalam duplikasi informasi terkait dengan perpustakaan.

Sedangkan untuk  bidang kearsipan kita mendapat kategori BB (sangat baik) dan berharap tahun 2022 ini hasil evaluasi kita bisa naik setingkat ke grade A, banyak hal yang sudah kita torehkan dalam range waktu 3 tahun berturut-turut.

“Alhamdulillah dalam waktu singkat kita siap mengharumkan nama Sulawesi Selatan di tingkat nasional. Kedepannya ini mungkin pertengahan bulan, kita akan disibukkan lagi dengan acara gempur pustaka di Luwu Timur. Semua harus ikut serta, pustakawan maupun arsiparis, melibatkan 24 Kabupaten yang ada di Sulsel, tidak ada yang tertinggal. Kita akan meletakkan legacy di Luwu Timur memperlihatkan eksistensi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  (DPK) Sulsel,” imbuhnya.

Momentum upacara hari jadi Sulsel ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antara Komisi Pemilihan Umum Prov. Sulsel dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulsel tentang penyelenggaraan Perpustakaan dan Kearsipan di lingkungan Komisi Pemilihan Umum Prov. Sulsel, dilanjutkan penyerahan Arsip Statis secara simbolis dari Dinas Perhubungan Prov. Sulsel kepada Dinas Perindustrian Prov. Sulsel, dan Biro Kesra Setda Prov. Sulsel.

Selain itu juga dilaksanakan penyerahan bantuan Replikasi Perpustakaan Desa Replikasi Mandiri Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2022 secara simbolis dari Pemprov Sulsel berupa masing-masing 4 unit komputer, 400 eksemplar buku dan 2 buah rak buku kepada penerima manfaat dari kota Makassar dan Kabupaten Gowa. Dirangkaikan pula dengan penyerahan SK Kenaikan Pangkat Pegawai periode Oktober Tahun 2022 Lingkup Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Prov. Sulsel.

Usai mengikuti Upacara Hari Jadi Sulsel, Rabu (19/10/2022) sore Kadis Hasan Sijaya berangkat ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan Stake Holder Meeting Nasional (SHM) Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI pada tanggal 19-21 Oktober 2022 di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta.

Pada kegiatan SHM Nasional  tahun 2022, Kadis Hasan Sijaya diundang khusus oleh Kepala Perpusnas RI sebagai  Narasumber yang akan mempresentasikan materi Sharing Best Practices Scaling Up Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial sebagai upaya mendorong keberlanjutan program, di hadapan 33 Kepala Bappeda Provinsi, 136 Kepala Bappeda Kabupaten Kota, 33 Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi, 33 Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi, 140 Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Kota  dari berbagai daerah di Indonesia yang ikut sebagai peserta dalam kegiatan ini. (naz/*)

Laporan | Nazaruddin

Editor: Muh Galang Pratama