Plt Gubernur Sulsel Beri Apresiasi Terhadap Inovasi yang Dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel pada Pertemuan Forum Perangkat Daerah DPK Sulsel

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan kembali menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah dalam rangka singkronisasi program dan kegiatan sesuai Permendagri No. 90 tahun 2019, dengan menghadirkan peserta seluruh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan di Hotel Gammara Makassar, Kamis-Jumat (8-9/4/2021).

Forum Perangkat Daerah DPK Sulsel Tahun 2021 ini dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel yang diwakili Asisten Administrasi Setda Prov. Sulsel Dr. H. Tautoto TR, M.Si Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M, sekaligus menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini. Narasumber lainnya adalah Reza Eggy Pandevi, S.STP, MM dari Bappelitbangda Prov. Sulsel dan Drs. Muh. Agus dari Badan Penegelola Keuangan dan Aset Daerah Prov. Sulsel.

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Tautoto, memberi apresiasi terhadap inovasi yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan melalui replikasi Perpustakaan Desa/Lorong yang terus digalakkan guna memenuhi kebutuhan literasi pemustaka di daerah di era pandemi, pembangunan Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak sebagai Perpustakaan Ibu dan Anak Pertama dan menjadi inspirasi yang positif untuk seluruh wilayah di Indonesia. Juga peningkatan pelayanan perpustakaan serta penyelamatan Arsip Nasional dan Arsip Keluarga melalui SDM yang unggul dan inovatif sebagai salah satu upaya menjawab tantangan kita ke depan.

“Saya juga mengapresiasi, selama Hasan Sijaya menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sangat aktif melakukan monitoring seluruh kegiatan di DPK Kabupaten/Kota,” ujar Tautoto, sembari menambahkan membangun sinergitas dengan kabupaten/kota ini penting untuk mengetahui dan memberi solusi permasalahan yang ada di daerah.

Terkait pelaksanaan Forum Perangkat Daerah ini, menurutnya, Forum ini menjadi wahana untuk menajamkan target sasaran, program dan kegiatan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta pembahasan terkait isu-isu strategis urusan perpustakaan dan kearsipan untuk tahun-tahun kedepannya.

“Pada setiap pelaksanaan forum ini diharapkan terinformasikan rencana kerja Pemerintah Provinsi di bidang Perpustakaan dan Kearsipan, sekaligus akan diminta kepada OPD Kab/Kota memberikan saran masukan utamanya dalam rangka harmonisasi perencanaan yg di susun oleh Kab/Kota. Sinergitas dalam perencanaan adalah faktor kunci dalam penyusunan rencana pembangunan di tingkat provinsi mengingat kedudukan Pemerintah Provinsi sebagai wakil Pemerntah Pusat di Daerah dan sekaligus sebagai pelaksana urusan Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Sementara itu Kepala DPK Sulsel Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H dalam laporannya mengatakan Perpustakaan merupakan sarana penunjang yang sangat penting bagi dunia pendidikan, dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, dunia usaha bahkan meluas pada semua sektor kegiatan dan kehidupan manusia baik di lingkungan isntansi/lembaga pemerintahan maupun di perkantoran swasta untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan sehari-hari. Terutama dalam rangka tahapan perencanaan program kegiatan, pelaksanaan analisis, pemantapan kebijakan, pengambilan keputusan maupun dalam penulisan laporan penelitian dan lain sebagainya. Hal ini juga terkait dengan peran dan fungsi perpustakaan yang sangat melekat untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat undang-undang dasar 1945.

Demikian pula hal nya dengan arsip, lanjut Hasan Sijaya, arsip merupakan sumber informasi yang terekam memiliki multifungsi yang sangat penting untuk menunjang proses kegiatan administrasi suatu organisasi dan manajemen birokrasi. Arsip akan terus tumbuh dan berkembang secara akumulatif seiring dengan semakin meningkatnya volume tugas dan fungsi organisasi.

“Untuk mewujudkan kebutuhan yang teramat penting tersebutlah maka diperlukan kematangan dalam perencanaan, sinkronisasi, harmonisasi, dan penajaman-penajaman sasaran dan indikator yang muaranya pada peningkatan mutu pelayanan dan sumber daya manusia yang ditunjang oleh sarana prasarana optimal dalam pemenuhan kebutuhan organisasi dan masyarakat. Semoga apa yang kita lakukan ini memberi manfaat yang besar bagi masyarakat,”papar Hasan Sijaya.

Pada kesempatan itu, Kadis Hasan Sijaya juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI yang terus memberikan perhatiannya demi kemajuan gerakan literasi yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam rangkaian acara pembukaan Forum Perangkat Daerah ini Kepala Perpustakaan Nasional RI juga menyerahkan bantuan empat unit Mobil Perpustakaan Keliling kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, yang selanjutnya diserahkan langsung oleh Asisten Administrasi kepada masing-masing Kepala DPK penerima bantuan yaitu DPK Kabupaten Jeneponto, DPK Kabupaten Sidrap, DPK Kabupaten Barru dan DPK Kabupaten Takalar. * (naz)

Leave a Reply