Physics Fair 2018 Siap Digelar Kembali di UIN Alauddin Makassar

Warnasulsel.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar kembali menggelar Physics Fair (PF) 2018. Tema yang diangkat kali ini yakni “Inovasi Cendekiawan Muda dalam Semangat Renewable Energy Menuju Generasi Peradaban.”

Physics Fair merupakan lomba yang diperuntukkan bagi siswa dan siswi se Sulselbar yang rutin dilakukan tiap tahunnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjaring intelektual-intelektual mudah Indonesia khususnya wilayah Sulawesi selatan dan Barat (Sulselbar) yang memiliki kompetensi terbaik khususnya di bidang Fisika, Seni dan Keislaman.

Ansar, ketua panitia PF 2018 mengakui bahwa PF 2018 berlangsung pada Oktober mendatang.

“Kegiatan ini ditargetkan berlangsung pada bulan Oktober, bertempat di Fakultas Sains dan Teknologi, dan di Auditorium kampus II UIN Alauddin,” katanya.

Mahasiswa jurusan Fisika itu juga mengatakan bahwa ada beberapa jenis lomba yang kemudian terbagi kembali ke beberapa bidang lomba pada PF kali ini.

“Kegiatan ini akan mempertemukan beberapa jenis lomba seperti lomba karya tulis ilmiah (LKTI), Olimpeade Sains, Cerdas Cermat dan Mading 3D untuk bidang Sains. Pada bidang keIslaman sendiri kita mengadakan lomba Musabaqah Syahril Qur’an,” lanjutnya “dan bidang seni ada cipta dan musikalisasi puisi, ada pula lomba yang diperuntukkan bagi Mahasiswa UIN Alauddin Makassar yaitu debat,” ujar Ansar.

Ada beberapa yang membedakan Physics Fair tahun ini dengan tahun sebelumnya, yakni terletak pada Lomba LKTI dan talk shownya.

“Salah satu lomba yang belum pernah diadakan pada Physics Fair tahun tahun sebelumnya yakni LKTI, perlombaaan ini kami adakan agar dapat membagun generasi muda yang memiliki jiwa riset dan dapat menalar serta menganalisis fenomena yang ada di lingkungan sekitarnya,” kata Ansar “selain itu kami juga mengadakan Talk Show bagi siswa-siswi SMA Sederajat untuk menambah Ilmu serta wawasannya, khususnya di bidang Fisika.”

Terkait hadiah lomba, Ansar memaparkan beberapa di antaranya yang akan didapatkan oleh para pemenang.

“Siswa siswi juga akan mendapat piagam, medali, piala serta uang pembinaan bagi pemenang lomba,” imbuhnya.

Pada kegiatan PF 2018 ia berharap agar dari kegiatan ini bisa menghasilkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas.

“Harapan kami dari pihak penyelenggara Physics Fair 2018, semoga dengan adanya event ini kita dapat membentuk SDM yang profesional dan berdaya saing tinggi pada era Global kedepannya,” jelasnya Ansar.

Di akhir, ia tak lupa menambahkan pesan pesannya kepada para peserta yang nantinya akan ikut serta dalam kompetisi di Physics Fair ini.

“Pada ajang ini semoga dapat menanamkan kesadaran dan keberanian mencoba, belajar menerapkan langsung dan sekaligus bisa berpartisipasi secara optimal serta menandakan sifat kompetitif kerja sama yang sehat sejak dini bagi siswa-siswi khususnya di wilayah Sulselbar dan PF ke depannya tidak hanya dilakukan pada wilayah Sulselbar tetapi juga bisa sampai pada tingkat se Sulawesi,” tutup Ansar.

Leave a Reply