Kedua kalinya, Himabio Unismuh Makassar gelar BSC

WARNASULSEL.com Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (Himabio) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar event tahunannya yang kedua. Event itu dinamakan Biologi Smart Competition (BSC). Tahun pertama digelar pada 2018 lalu dengan kompetisi regional antar SMA/MA.

Tema yang diangkat tahun ini yakni “Melahirkan Insan Intelektual yang Berjiwa Kompetitif” mempertemukan 104 Tim dari berbagai sekolah di Sulawesi selatan dan Sulawesi Barat.

“Tahun pertama lalu, se Sulsel hanya Olimpiade. Kami tambah tahun ini ada olimpiade, debat dan lomba mading,” ujar Nizpu Fauzi, Ketua Panitia kegiatan tersebut.  

Selain itu, dalam BSC 2019 ini, hanya olimpiade yang paling meriah.

“Iya, olimpiade ini antar SMA/MA, jumlah tim yang daftar 104 tim, yang mendaftar dari 17 regional, kami siapkan total hadiah 18 juta rupiah,” kata Nizpu.

Pada hari pertama, BSC ini diadakan babak penyisihan di tiap regional untuk menyaring tim yang masuk dalam babak semi final. Kegiatan ini pula sebagaimana yang diutarakan Ketua Panitia, turut dibantu oleh Ikatan Mahasiswa Biologi (Ikahimbi).

“Misal daerah Palopo, Pare-Pare dan Sulbar dibantu sama Ikahimbi regional VIII,” ujar Mahasiswa angkatan 2016 itu.

Baca juga : Lewat PKM, mahasiswa UNM ini libatkan kelompok Ibu di Gowa kurangi sampah organik

Selasa (28/02) seluruh tim dipertemukan dalam satu ruang khusus yakni di Aula Multimedia, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Jl. Sultan Alauddin Makassar, berhadapan dengan kampus Unismuh Makassar.

“Sekarang dipertemukan di aula multimedia. Kalau olimpiadenya sekarang semi final, dan untuk debat sekarang ada di babak penyisihan,” katanya “besok (Rabu, red) finalnya semua.”

Ia berharap dalam kegiatan ini, bisa lebih besar di masa yang akan datang.

“Ya, mudah-mudahan ke depan, bisa sampai skala nasional. Itu target kita,” tutup mahasiswa yang berasal dari Kalimantan Utara itu.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor III, Dr Muhammad Tahir MSi. Katanya semoga acara kedepan bisa ditingkatkan dan masuk skala nasional.

“Semoga bisa sampai ke tingkat nasional dan bisa meningkatkan kegiatan-kegiatan seperti ini di masa yang akan datang,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor III, Dr Muhammad Tahir MSi. Katanya semoga acara kedepan bisa ditingkatkan dan masuk skala nasional.

“Semoga bisa sampai ke tingkat nasional dan bisa meningkatkan kegiatan-kegiatan seperti ini di masa yang akan datang,” ujarnya. [mgp]

warnasulsel.com
Wakil Rektor III Unismuh Makassar, Dr Muhammad Tahir, MSi | Foto: warnasulsel.com/MgP

Leave a Reply