Connect with us

Peristiwa

Villa Tahfizh Himmatul Qur’an Malino Kedatangan Rombongan Pemkes dari PKK Sulsel dan 2 RS Lainnya

Published

on

Villa Tahfizh Himmatul Qur'an Malino Kedatangan Rombongan Pemkes dari PKK Sulsel dan 2 RS Lainnya
Spread the love

warnasulsel.com – Tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan menggelar pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut di Pondok Pesantren Villa Tahfizh Himmatul Qur’an (VTHQ), Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Pada Minggu (26/2/2023).

Drg. Aisyah Achmad., Ph.d selaku penanggung jawab kegiatan ini menuturkan bahwa program ini dari Kelompok Kerja (POKJA) IV PKK Provinsi Sulsel, yang menyasar anak TK dan PAUD binaan, serta Pondok Pesantren.

“Tim Penggerak PKK Provinsi itu ada empat POKJA, jadi untuk bidang lingkungan dan kesehatan itu ada di POKJA IV, yaitu kami sendiri. Kami punya program kerja dalam setahun, dimana salah satunya itu adalah penyuluhan, kemudian pemeriksaan gigi dan pengobatan untuk anak TK dan PAUD Binaan, serta Pesantren. Jadi dua sasarannya,” paparnya.

Dirinya juga menginformasikan bahwa mereka bekerja sama dengan para Dokter dari dua Rumah Sakit, yakni Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Hasanuddin (UNHAS) dan Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi dan Mulut (RSKDGM).

“Karna kami butuh dokter untuk penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan, makanya kami kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (UNHAS) yang punya RS Gigi dan Mulut Pendidikan UNHAS,” Terang Dokter Gigi yang akrab disapa Dokter Ica ini.

“Untuk pengobatan sendiri, kami membutuhkan dental mobile unit. Yang punya itu Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi dan Mulut (RSKDGM) yang dimiliki pemerintah Provinsi. Makanya kami jalin kerja sama juga untuk meminjam mobil ini,” sambungnya.

Drg Aisyah yang juga merupakan salah satu dari orang tua santri di VTHQ ini menyampaikan data-data hasil dari pemeriksaan kesehatan ini.

“Total personil yang tergabung ada sekitar 30 orang. Kemudian sebanyak 147 santri telah melakukan skrining. Yang bagus giginya itu sudah aman, kemudian yang butuh perawatan itu yang kami bagi lagi, apakah butuh perawatan tambal atau cabut,” tukasnya.

Beliau juga menyampaikan telah mendapat izin dari Ibu Gubernur, sebab Pesantren ini masuk dalam kriteria untuk dikunjungi. Karena akses untuk mendapatkan perawatan gigi yang sulit, dan sayangnya di Puskesmas Tinggimoncong belum ada Dokter Gigi yang bertugas.

“Untuk kegiatan seperti ini sudah sering kami adakan, tapi ini untuk pertama kalinya di Pesantren. Karena memang baru tahun 2023 kami targetkan ke Pesantren. Jadi ini merupakan pesantren pertama yang didatangi,” katanya.

Diakhir sesi wawancara dr Aisyah memberi saran kepada pihak Pesantren untuk membentuk Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) di UKS. Sehingga para santri dibekali pengetahuan pertolongan pertama saat sakit gigi, serta adanya edukasi untuk menjaga kesehatan gigi.

Disisi lain, Ustadz Hadianto selaku Kepala Sekolah VTHQ mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas kedatangan Tim Penggerak PKK Pemprov Sulsel.

“Kegiatan ini tentu merupakan suatu kesyukuran dan kebanggaan bagi keluarga besar Pondok Pesantren Villa Tahfizh Himmatul Qur’an Malino, karena menjadi pondok pesantren di Kabupaten Gowa yang dipilih oleh pihak PKK Provinsi Sulawesi Selatan untuk diadakan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh santri,” ucapnya.

Ustadz Hadianto juga mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini tidak hanya terfokus pada pemeriksaan gigi saja, namun juga pada pemeriksaan kesehatan lainnya. Sesuai dengan keluhan santri masing-masing.

“Tentu harapan kami selaku Kepala Sekolah dengan diadakannya kegiatan pemeriksaan kesehatan ini, para santri bisa lebih menjaga kesehatan dirinya masing-masing, apatah lagi di musim penghujan seperti saat ini,” harapnya.

Beliau juga berharap, kunjungan pemeriksaan kesehatan ini bukan yang pertama dan terakhir, namun masih ada lagi kunjungan-kunjungan berikutnya.

“Mewakili pimpinan pondok pesantren Villa Tahfizh Himmatul Qur’an Malino dan segenap para Pembina, kami ucapkan banyak terima kasih kepada Tim PKK Provinsi Sulsel serta tim kedokteran gigi dari UNHAS dan RS Daerah Pemprov Sulsel,” tutupnya.

Penulis: Musfirah Rahman

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *