Connect with us

Peristiwa

Perpusnas RI Kolaborasi DPK Provinsi Sulsel Gelar Bimtek Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Tahun 2022 di Makassar

Published

on

Spread the love

WARNASULSEL.com – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah dan perguruan tinggi, di Hotel Aryaduta Makassar, 26-28 Juli 2022.

Kegiatan ini merupakan sinergitas Perpusnas dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi selatan.

Drs. Dedi Kurniadi, M.Hum, Deputi Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpusnas RI memberikan sambutan pembuka lewat virtual memberikan ucapakan terima kasih buat segenap jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Tentu saja kami menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan beserta segenap jajarannya atas pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya.

Menurut data yang disampaikan, Perpustakaan punya kewajiban seluruh pespustakaan yang terdiri dari perpustakaan umum, perpus sekolah/madrasah dan perguruan tinggi. Jumlahnya 164,610 unit perpustakaan, berdasarkan sensus perpustakaan tahun 2018.

Terdiri dari 113,541 Perpus Sekolah/Madrasah, dan 2,057 Perpus perguruan tinggi.

Dan di Sulawesi Selatan ada 6,291 unit perpustakaan yang terdiri dari perpus SD dan MI, Perpus SMP dan MTs serta Perpus SMA/SMK/MA.

Data Per Juni 2022 yang sudah diakreditasi 151 perpustakaan.

Perpustakaan Perguruan Tinggi (PT) terdapat 101 unit perpustakaan PT yang terakreditasi sebanyak 27 Perpustakaan.

Perpustakaan memperoleh pengetahuan dan keahlian teknis yang sesuai standar nasional Perpustakaan.

Ia berharap Perpus bisa berlangsung sesuai amanat Undang Undang.

“Harapan kita, seluruh perpustakaan terselenggara sesuai standar Perpustakaan yang sesuai Undang-Undang No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan,” tutupnya.

Gubernur yang diwakili Kepala DPK Sulsel, Moh Hasan menyambut bahagia kegiatan Bimtek ini.

Hadir pemateri dalam kegiatan tersebut dari Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Mukhtar Dolle, SE, MM.

Kegiatan yang berlangsung hingga Kamis 28 Juli ini menghadirkan peserta sebanyak 200 orang yang terdiri dari 100 peserta perwakilan Peroustakaan Perguruan Tinggi dan 100 peserta perwakilan Perpustakaan Sekolah/madrasah baik tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA di Sulawesi Selatan.

Terakhir, Koordinator Pustakawan Sulsel untuk Perpusnas, Syamsul Arif memberikan apresiasi kepada peserta yang hadir.

Laporan Muh Galang Pratama

 

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan