Connect with us

Kolom

Problematika Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19

Published

on

pandemi Covid-19
Spread the love

Sekarang pandemi Covid-19 belum kunjung usai, walaupun keadaan masih seperti ini kita juga harus menjaga lingkungan.

Bahkan virus ini belum bisa dikendalikan, dan parahnya nyawa menjadi taruhan dan pekerjaan siap digantungkan. Dan pastinya berdampak besar terhadap keadaan lingkungan sekitar. Vaksinasi pun telah ditererapkan diberbagai wilayah.

Lingkungan itu sama halnya dengan segala sesuatu yang ada disekitar kita dan semua yang mempengaruhi kehidupan yang ada didalamnya.

Memang benar bahwa polusi udara sempat berkurang, tetapi faktanya itu cuma diawal diterapkannya lockdown.

Selain itu, isu lingkungan merupakan permasalahan yang kompleks yang melibatkan banyak faktor untuk menjamin kelestarian lingkungan itu sendiri.

Sebenarnya dampak buruknya bukan cuma polusi udara, juga pada perubahan cara hidup masyarakat dengan masker sekali pakai hingga bungkusan barang-barang yang dibeli dari diskonan online shop kita juga menghasilkan segunung sampah.

Bahkan sarung tangan, masker wajah sekali pakai banyak ditemukan di pantai dan selokan diberbagai negara. Selain itu Kementrian lingkungan hidup juga mencatat jumlah limbah medis meningkat hingga 30% selama pandemi covid-19. Akibatnya kapasitas pengelolaan limbah medis belum bisa menangani dan manjangkau limbah diberbagai wilayah di Indonesia.

Sumber : klikdokter.com

Sumber : klikdokter.com

Seperti halnya, sampah plastik meningkat drastis selama pandemi.

Pembatasan aktivitas seperti restoran, pusat perbelanjaan, dan pariwisata dianggap dapat mengurangi produksi sampah.

Namun disisi lain, terdapat peningkatan sampah dari rumah tangga karena perubahan pola komsumsi masyarakat ditengah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Saat masyarakat hanya membatasi diri dengan hanya melakukan aktivitas dirumah mayarakat pun memenuhi kebutuhan komsumsi dirumah dengan hanya belanja online. Dampaknya timbunan sampah seperti sisa plastik pembungkus kemasan makanan dan palstik sekali pakai mengalami peningkatan.
Nah, menjaga kelestarian lingkungan adalah hal yang wajib untuk kita semua manusia dimuka bumi ini.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk tetap melestarikan lingkungan dipermukaan bumi. Salah satunya membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah yang mana yang basah dan yang mana kering agar dapat diolah kembali.

Yang paling penting itu bagaimana kita mangajarkan kepada generasi muda untuk menyadari bahwa lingkungan itu untuk mereka, pelestarian lingkungan itu isu mereka.

Selain itu, kita juga akan mempelajari bagaimana cara mencintai diri sendiri, mencintai orang lain, dan mencintai flora dan fauna, sehingga secara tidak langsung telah menanamkan rasa peduli untuk menjaga lingkungan.

Maka kita akan terbiasa berpikir dan bertindak untuk melakukan aktivitasnya dengan mempertahankan kelestarian lingkungan.
Adanya pandemi Covid-19 ini tentunya telah banyak mempengaruhi keadaan lingkungan sekitar.

Maka dari itu perlu adanya kebijakan strategis dari pemerintah dan masyarakat untuk memilih opsi yang lebih ramah lingkungan dalam menghadapi permasalahan lingkungan dimasa pandemi Covid-19. Karena permasalahan dalam lingkungan juga penting dan pastinya butuh upaya yang konsisten untuk mencegah kerusakan lingkungan.

Oleh : Suciasi Fitriana, Mahasiswi Tadris IPA IAIN Parepare

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *