Connect with us

Kampus

Belajar Kerja Penyuntingan Hingga Proses Penerbitan Buku, Prodi BSI FBS UNM Kerjasama Jariah Publishing Program Magang MBKM Mandiri

Published

on

Penerbit Jariah Publishing Terima Mahasiswa Magang dari UNM 14 Agustus 2024
Spread the love

WARNASULSEL.com – Langit sore hampir berwarna jingga, Suriadi, S.Pd., M.Pd, dosen pendamping dan beberapa mahasiswa datang ke kantor Jariah Publishing pada 14 Agustus 2024 lalu.

Tujuan kedatangannya penerimaan program magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang dilakukan di Penerbit Jariah Publishing selama tiga bulan kedepan.

Dari pihak Jariah Publishing hadir kepala editor, Muh Galang Pratama dan direktur penerbitan Ainun Jariah.

Dalam kesempatan di hari pertama magang pada Senin 20 Agustus 2024, hadir mahasiswa magang Nurul Fadhilah Puspa Darwini, Fitri Ramadhani, Pratiwi Maharani, dan Putri Nur Istiqamah.

Mahasiswa Bahasa dan Sasntra Indonesia (BSI) Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (FBS UNM) angkatan 2022 ini diharapkan dapat belajar ilmu-ilmu penyuntingan di Penerbit Jariah Publishing.

“Penerbit Jariah Publishing ini salah satu Penerbit di Gowa, kita berharap mahasiswa bisa banyak belajar ilmu penyuntingan di sini,” kata dosen pendamping, Suriadi.

Sementara itu kepala editor Penerbit Jariah Publishing, Muh Galang Pratama menyampaikan terima kasih kepada prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNM memilih Jariah Publishing sebagai lokasi magang mahasiswanya.

“Sudah lama kami membutuhkan adanya program magang di tempat kami, alhamdulillah bersamaan juga dengan datangnya mahasiswa magang dari UNM ini, apalagi memang sesuai kebutuhan kami di penerbit,” kata Galang Pratama dalam keterangannya di kantor Jariah Publishing, Jl Dahlia No 17, Batangkaluku Kabupaten Gowa.

Mahasiswa Magang MBKM di Jariah Publishing

Mahasiswa Magang MBKM Mandiri Prodi BSI Fakultas Bahasa dan Sastra UNM berfoto bersama editor Jariah Publishing, Selasa (20/8/2024).

Mahasiswa BSI FBS yang mengambil magang di Jariah Publishing punya harapan besar agar selama progam magang di Jariah Publishing bisa memperlihatkan bagaimana industri penerbitan bekerja, termasuk bagaimana naskah masuk sampai diproses jadi buku yang siap untuk diterbitkan.

“Dengan ambil jenis magang penyuntingan pasti besar harapan tim kami bisa lebih meningkatkan kemampuannya dalam hal penyuntingan naskah baik itu dari segi tata bahasanya atau ejaannya atau mungkin alur cerita naskahnya, semoga dengan progam magang di Jariah juga bisa kasi lihat bagaimana industri penerbitan bekerja,” ujar Nurul Fadhilah Puspa Darwini atau yang akrab disapa Lala, Selasa (20/8/2024).

Lala menambahkan, ada hal unik yang dirinya lihat di Jariah Publishing.

“Kesan pertama yang kudapat ituu di Jariah terkesan hommy-ki tempatnya, karena selain jadi tempat publishing ternyata jadi rumah baca juga untuk warga sekitar,” ucap Lala.

Selain Lala, ada Fitri Ramadhani yang juga berharap bisa menambah pengalaman di Jariah Publishing.

“Ini pertama kalinya saya akan terjun langsung dalam dunia kerja, dan banyak kekhawatiran yang perlu ditangani, meskipun begitu saya berharap selama menjalani program magang di Jariah Publishing saya mampu mengatasi masalah, menambah pengalaman, dan membangun kerja sama tim yang baik bersama tim dan rekan-rekan yang ada di Jariah Publishing,” kata Fitri, “Semoga selama magang saya bisa memberikan yang terbaik kepada Jariah Publishing.”

Adapun mahasiswa lainnya, Pratiwi Maharani memiliki harapan besar agar dirinya selama magang di Jariah Publishing mendapat banyak pengalaman kerja terutama pengalaman mengenai penyuntingan naskah.

“Semoga selama magang saya juga dapat memberikan hal positif kepada pihak Jariah Publishing,” kata Pratiwi yang akrab disapa Wiwi.

Laporan | Putri Nur Istiqamah, Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia UNM Angkatan 2022