Whatsapp dan instagram down demi mencegah hoaks

WARNASULSEL.com – Media sosial whatsapp (WA) dan instagram sedang down se Indonesia. Berbagai pesan seketika tak dapat dikirimkan.

Hal ini dipengaruhi akibat kerusuhan yang terjadi di Jakarta Rabu 22 Mei 2019.

Menkopolhukam, Wiranto mengatakan bahwa layanan medsos ditutup sementara untuk mengantisipasi berkembangnya kericuhan akibat informasi hoaks.

“Sementara untuk menghindari provokasi kita melakukan pembatasan akses di media tertentu agar tidak diaktifkan, akses media sosial ini untuk menjaga hal-hal ngatif yang disebarkan masyarakat,” ujar Wiranto di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Baca juga: Aliansi pemerhati demokrasi Makassar ajak masyarakat bersatu usai pemilu

Sampai berita ini dibuat, banyak warganet yang mengeluhkan layanan sulitnya mengakses media sosial seperti Whatsapp, Instagram dan Facebook.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko sebelumnya menyampaikan sejumlah informasi hoaks beredar di WhatsApp dan media sosial. Salah satunya soal pengamanan kepolisian kepada pendemo di depan Gedung Bawaslu kemudian merembet ke Tanah Abang dan Jalan Sabang.

“Semua (hoaks) itu upaya untuk melawan konstitusi. Itu berita sungguh tidak benar,” ujar Moeldoko sebagaimana yang dikutip dari tagar.id.

Warganet pun mencari cara agar bisa segera mendapat akses di media sosial. Ada yang mengatakan cara yang diambil saat ini ialah dengan menggunakan VPN.

Baca juga: Barisan pemuda Indonesia Sulsel: Menyoal penyelewengan dana APBD Enrekang

Apa itu VPN? Dikutip dari Wikipedia, VPN merupakan jaringan pribadi virtual untuk memperluas jaringan pribadi hingga ke jaringan publik dan memberikan kemampuan bagi pengguna untuk mengirimkan dan menerima data bersama seakan-akan jaringan pengguna tersebut berhubungan dalam jaringan pribadi.

Pemilu 2019 meninggalkan banyak peristiwa. Selain aksi demonstrasi yang berakhir ricuh di Jakarta, mudahnya caci maki tersiar di media sosial menjadi pemandangan sehari hari bagi warganet saat ini

Meskipun Presiden RI, Ir H Joko Widodo telah melayangkan pernyataan resminya agar situasi bisa kembali dikondusifkan. (mgp)

Editor @warnasulselcom

Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih mendalam

View Comments

    Recent Posts

    • Daerah
    • Peristiwa

    FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

      WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

    3 days ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

      WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

    3 days ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

        WARNASULSEL.com - Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul…

    3 days ago
    • Daerah
    • Peristiwa

    Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

          WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

    1 week ago
    • Peristiwa

    Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

        WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

    1 week ago
    • Cawah
    • Uncategorized

    Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

    WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

    2 weeks ago