Tips cara hidup sehat bahagia ala warnasulsel

WARNASULSEL.com – Hmm.. Satu topik trend saat ini adalah bagaimana mendapatkan hidup bahagia, sehat alami yang berbaur dengan kesehatan tubuh secara maksimal dengan cara termudah.

Sehat secara jasmaniah belum tentu sehat secara batiniah, oleh karenaya ada keseimbangan antara keduanya yang dapat kita lakukan di kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya ada cara paling nyuss untuk kita lakukan setiap hari agar tubuh menjadi sehat.

1. Jalankan pola hidup rutin yang berkenaan dengan sarapan pagi. So jangan lupa makan saat pagi hari karena tubuh perlu berasimilasi dengan makanan setelah usus beristirahat selama beberapa jam. Sarapanlah sekadarnya.

2. Konsumsi makanan seimbang dan bervariasi dari mulai buah, sayuran dan minuman. Dengan cara menjaga pola makan akan tercipta dinamisasi kesehatan tubuh yang prima.

3. Cara lain untuk menjaga agar tubuh sehat alami adalah dengan melakukan olah tubuh secara rutin. Olahraga ideal dilakukan pada pagi hari hingga pukul 10.00.

4. Cara selanjutnya adalah menghindari obat kecuali hanya saat terpaksa konsumsi obat-obatan. Kurangi pula minuman beralkohol dan bersoda.

5. Tips sehat berikutnya berhubungan erat dengan rohani. Ambil waktu untuk mendekatkan jiwa kita kepada Tuhan. Kegiatan rohani diantaranya puasa, mengaji, berdoa di gereja, meditasi di wihara, berdoa di kuil atau sesuaikan dengan keyakinan anda.

6. Menjaga keseimbangan waktu istirahat. Perlu diketahui bahwa waktu untuk istirahat bagi tubuh adalah maksimal sepertiga dari waktu harian atau sekitar 6 sampai 8 jam sehari. Istirahat tidak selalu dilakukan dengan tidur.

7. Seminggu sekali pergilah ke tempat yang beroksigen tinggi seperti pegunungan, kebun bunga atau di sekitar pantai di pagi hari dan di sore hari.

tips tubuh sehat jasmani dan rohani secara alami

Tips tubuh sehat jasmani dan rohani secara alami | Gambar: Unsplash

8. Konsentrasikan pikiran ke hal positif, fokus ke hal yang dapat membuat anda bermakna. Jauhi memikirkan hal yang bukan urusan anda karena hal tersebut akan menambah kontraksi otak yang kurang seimbang.

9. Mengendalikan emosi hati dan raga dapat membuat tubuh kita sehat, tidak mudah terpancing hap yang membuat adrenalin meningkat.

Demikian cara menjaga tubuh atau jiwa kita agar senantiasa sehat dan jauh dari penyakit hati yang tentunya akan membuat diri kita semakin sehat dan bermakna.(*)

 

Leave a Reply