Categories: DaerahPeristiwa

Kunker DPK Sulsel spirit baru pengembangan Perpustakaan di Bantaeng

WARNASULSEL.com – Bupati Bantaeng yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan H. Hartawan Zainuddin, S.H, M.H, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bantaeng mendukung penuh upaya mencerdaskan masyarakat melalui kegiatan pembinaan perpustakaan dan peningkatan minat baca masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan, saat menerima kunjungan kerja Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan bersama rombongan di ruang rapat Wakil Bupati Bantaeng, Rabu (29/1/2020).

Pernyataan senada juga diungkapkan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bantaeng A. Pratita Nareswari, S.H, M.H, yang memberikan dukungan penuh terhadap peningkatan kegemaran membaca masyarakat.

Menurut mantan Putri Pariwisata ini, Komisi A DPDR Bantaeng telah merencanakan pertemuan dengan OPD terkait secara bertahap, guna membicarakah upaya yang akan dilakukan dalam rangka peningkatan kegemaran membaca masyarakat ini.

Terkait dengan kunjungan kerja DPK Sulsel ke Bantaeng, Baik Pemerintah Daerah maupun Ketua Komusi A DPRD Bantaeng memberi apresiasi positif terhadap kunjungan ini. Kunjungan ini memberi spirit baru bagi pengembangan perpustakaan dan kearsipan di Bantaeng.

“Mudah-mudahan dengan kunjungan hari ini, kita akan membenahi bidang perpustakaan dan kearsipan kita lebih baik lagi di masa- masa yang akan datang,” ujar Hartawan.

Apalagi menurutnya Bantaeng diberi kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Kemah Literasi Nasional.

Bantaeng siap menjadi tuan rumah yang baik dan siap mensukseskan even nasional ini. Bahkan menurut Kadis Kominfo Syahrul Bayan, S.STP pihaknya siap berkolaborasi dan bersama-sama dengan provinsi dan komunitas penggiat literasi untuk mempersiapkan agenda kegiatan ini sebagai kegiatan literasi spektakuler.

“Kita berupaya menghadirkan menteri pendidikan, menteri kominfo dalam kegiatan ini,” harapnya.

Karena itu mengawali kegiatan Jambore Literasi ini akan dilaksanakan kegiatan Festival Literasi pada bulan maret 2020 dan ia berharap provinsi juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Sementara itu, Kepala DPK Sulsel Moh. Hasan, S.H, M.H, menyampaikan kunjungan ini merupakan bagian dari roadshow untuk memperkuat performa DPK baik provinsi maupun kabupaten/kota.

“Kerja DPK memang abstrak, semakin banyak orang pintar itulah kerja DPK. Kalau arsip kita bagus itulah kerja DPK, dan itu tidak mudah,” jelasnya.

Memang menurut Hasan, image yang berkembang selama ini DPK biasanya dijadikan tempat sampah politik, tapi image itu kita harus hilangkan dengan kerja, dengan meyakinkan seluruh OPD, seluruh pejabat bahwa kerja kita sangat penting dan diperlukan, baik itu untuk mencerdaskan bangsa melalui pembinaan perpustakaan maupun menjaga dan memelihara arsip kita melalui pembinaan kearsipan.

Dan ini harus ditularkan di daerah baik di kabupaten maupun di kota.

Menyikapi hal itu Kadis DPK Bantaeng Dr. Ir.H. Andi Akil, M.BA, MM, mengatakan siap bersinergi dengan DPK Sulsel, dan akan lebih intens lagi melaksanakan kunjungan dan kegiatan pembinaan perpustakaan dan kearsipan di Bantaeng, termasuk berkolaborasi dengan penggiat literasi untuk bantaeng yang lebih baik.

Juga hadir dalam pertemuan ini Staf Ahli Bupati Bantaeng Dra. Estha Karim, M.IKom yang juga adalah mantan Kepala DPK Kabupaten Bantaeng, Kepala Bappeda Kabupaten Bantaeng Ir. Muh. Dimyati Nompa, M.Pi. para pejabat eselon III dan IV, pustakawan bersama staf DPK Bantaeng, beberapa kepala sekolah dan pengelola perpustakaan sekolah juga beberapa komunitas penggiat literasi di Bantaeng. *(naz)

Editor

Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih mendalam

This website uses cookies.

Read More