Kartu Prakerja diluncurkan Sabtu 11 April 2020

WARNASULSEL.com – Pemerintah rencananya meluncurkan Kartu Prakerja pada Kamis (9/04/2020). Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu RI, Askolani dalam teleconferensi Rabu (8/04/2020).

“Rencananya Kamis akan dirilis PMO dan Menko Perekonomian sehingga detailnya bisa didiskusikan temen teman PMO dan Menko Perekonomian,” katanya seperti dikutip melalui Detik.

Namun, sehari setelahnya, kembali ada pengunduran jadwal. Jadwal terbaru menyebut, pendaftaran kartu prakerja dibuka pada Sabtu (11/04/2020) malam.

Apa itu kartu prakerja

kartu pra kerja

Singkatnya, program kartu prakerja adalah program pelatihan untuk pengembangan kompetensi kerja yang anggarannya dibayar oleh pemerintah dan ditujukan kepada para pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan program Kartu Prakerja ini dimodifikasi untuk menghadapi wabah virus corona. Sehingga anggarannya dinaikkan menjadi Rp 20 triliun.

“Diputuskan oleh pemerintah anggaran kartu pra kerja awalnya di APBN Rp 10 triliun ditambah Rp 10 triliun menjadi Rp 20 triliun,” paparnya.

“Skemanya diubah pemerintah betul betul menangani Covid-19 untuk mereka yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan sektor informal kesulitan oleh dampak Covid-19,” ujar Askolani yang juga Komisaris BNI itu.

Ada sekitar 5,6 juta peserta yang dibantu oleh program kartu prakerja ini.

Bukan hanya mereka yang pengangguran akibat PHK tetapi juga oleh karyawan formal/informal dan pelaku UMKM yang berusia minimal 18 tahun.

Bantuan yang diterima pemegang kartu prakerja ini senilai Rp 3,55 juta terdiri dari biaya pelatihan Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu selama 4 bulan (Rp 2,4 juta) dan survei Rp 50 ribu diberikan sebanyak 3 kali (Rp 150 ribu).

Cara Daftar Kartu Prakerja

Bagi yang ingin mengetahui bagaimana cara daftar kartu prakerja, silakan mengunjungi website resminya di prakerja.go.id. 

Pertama, buka web prakerja.go.id. Klik”Daftar Sekarang” lalu masukkan alamat email dan buat password. Setelah itu, lakukan konfirmasi melalui email yang telah didaftarkan. Silakan login ke dashboard melalui akun yang telah didaftarkan.

Ada beberapa tempat pelatihan secara online yang nantinya dapat dipilih sebagaimana yang dikutip dari laman Prakerja.go.id yakni di Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruang Guru,  Maubelajarapa, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar Mahir.

Sedangkan mitra pembayarannya tidak tunai namun melalui platform digital seperti BNI, OVO, LinkAja dan GoPay.

Jadi segera siapkan diri untuk mendaftar kartu prakerja.(*)

Baca Dilema pemerintah daerah di tengah goncangan “lockdown”

Leave a Reply