Festival Literasi Indonesia 2019 di Makassar

WARNASULSEL.com –  Makassar menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Literasi Indonesia 2019.

 

Kegiatan tahunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia ini merupakan salah satu rangkaian untuk menuntaskan angka buta aksara.

 

Baca juga: Tingkat buta aksara di Indonesia turun jadi 3,29 juta penduduk

 

 

Diketahui, alasan Makassar menjadi tuan rumah karena provinsi Sulawesi Selatan masih menjadi salah satu provinsi tertinggi dalam buta aksara.

 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pengurus Wilayah TBM Provinsi Sulawesi Selatan, Darmawan Denassa.

 

“Sulsel masih menjadi salah satu provinsi tertinggi jumlah buta aksaranya, sehingga pelaksanaan HAI dilaksanakan di Makassar,” kata Denassa.

 

“Untuk menyemangati kita semua mengambil peran lebih nyata mengurangi jumlah buta aksara,” tambahnya lagi.

 

Denassa juga menyebutkan bahwa saat ini, pertumbuhan gerakan -gerakan literasi di Sulsel sangatlah masif. Hal ini dibuktikan dengan sudah cukup banyak pegiat literasi dan Taman Belajar Masyarakat (TBM) di provinsi ini.

 

“Di sisi lain gerakan literasi di Sulsel cukup baik, Festival Literasi Indonesia diharapkan menjadi wadah koordinasi dan titik tolak para pegiat berperan aktif mengurangi jumlah buta aksara dan menyebarkan semangat literasi lebih luas lagi,” harap pendiri Rumah Hijau Denassa ini.

 

Jadwal FLI 2019

 

Kegiatan Festival Literasi Indonesia (FLI) sendiri akan berpusat di Lapangan Karebosi, Makassar. Pelaksanaan rangkaian acaranya mulai 5-8 September 2019.

 

Kegiatan seperti advokasi, talkshow, workshop dan apresiasi literasi akan memeriahkan kegiatan FLI 2019 ini. Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka pertemuan pengurus                    TBM-TBM se Indonesia

 

Hari pertama, Kamis  5 September 2019 akan dilaksanakan kegiatan di beberapa kampus. Nama kegiatannya FLI Goes to Campus.

 

FLI Goes to Campus

 

 

 

 

 

 

Adapun kampus-kampus yang menjadi tempat pekasanaan kegiatan yakni Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM).

 

FLI Goes to DUDI

 

Selain FLI Goes to campus, kegiatan FLI di hari pertama juga akan diisi dengan kunjungan ke DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri).

 

Adapun perusahaan yang masuk kunjungan DUDI yakni Bosowa, Kalla Group, KIMA dan Pelabuhan Indonesia.

 

Pembukaan Resmi FLI di Makassar

 

Acara pembukaan resmi akan dilaksanakan pada pukul 19.30 Wita di Swiss-BelHotel. Dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas) Kemendikbud, Harris Iskandar, Ph.D.

 

pembicara moderator panitia fli

 

 

Acara ini akan dihadiri oleh pegiat literasi se Indonesia. Datang dan meriahkan Festival Literasi Indonesia 2019 di Makassar. [mgp]

 

 

Leave a Reply