Connect with us

Peristiwa

Festival Aksara Lontaraq Keempat Tahun 2023 Sukses Digelar di Kabupaten Maros

Published

on

Spread the love

Festival Aksara Lontaraq keempat tahun 2023 Sukses digelar di Kabupaten Maros, Minggu – Senin (19-20/11/2023). Kegiatan ini dibuka Pj. Gubernur Sulsel diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dr. Muhammad Arafah, S.T., M.T. Sebagai tuan rumah Kabupaten Maros merupakan Kabupaten/ Kota pertama dan menjadi percontohan di Sulawesi Selatan dalam implementasi Perda Nomor 5 Tahun 2023 tentang Literasi Aksara Lontaraq, Bahasa dan Sastra Daerah.

Turut hadir pada acara pembukaan Ketua DPRD Sulsel,  Andi Ina Kartika Sari, S.H, M.Si,  Bupati Maros, HAS Chaidir Syam, S.I.P, M.H, Wakil Bupati Maros Hj. Suhartina Bohari, S.E, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel diwakiki Kepala Bidang Pembinaan Pembinaan Perpustakaan Drs. H. Andi Sangkawana, M.M, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel yang diwakili Keoala Bidang Pembinaan Khusus, Layanan Khusus Bahasa dan Sastra Andi Mashari, S.Pd, Anggota Forkopimda Kabupaten Maros, Akademisi Unhas Prof. Nurhayati Rahman, para Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kegiatan Festival Aksara Lontaraq ini terlaksana berkat Kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten Maros dan Kabar Grup Indonesia, diikuti peserta dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Kota dan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Maros.

Pada rangkaian acara pembukaan Festival Aksara Lontaraq tahun 2023, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Kepala Bidang Perpustakaan Andi Sangkawana menyerahkan bantuan buku Kumpulan Peraturan Perundang-Undangan Pemerintah Desa kepada 103 Desa yang ada di Kabupaten Maros, bantuan tersebut diterima Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros Aminuddin, untuk selanjutnya didistribusikan kepada masing-masing kepala desa.

Panitia Pelaksana Festival Aksara Lontaraq keempat tahun 2023 Upi Asmaradhana  yang juga adalah Ceo Kabar Grup Indonesia menjelaskan, beberapa kegiatan yang dilaksanakan sebagai rangkaian Festival Aksara Lontaraq ini di antaranya Seminar Internasional Aksara Lontaraq, Pameran Perpustakaan dan Produk UMKM, Lomba Fashio Show, Lomba Lagu Daerah dan Lomba Mewarnai untuk PAUD. Pada pelaksanaan Festival Aksara Lontaraq kali ini, peserta juga difasililtasi untuk melakukan kunjungan wisata di Objek Wisata Bantimurung.

Kegiatan Festival Aksara Lontaraq ini ditutup oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Maros Andi Davied Syamsuddin, S.STP, M.Si. yang sekaligus menyerahkan hadiah Kepada Pemenang Lomba Stand Pameran, Juara I Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur, Juara II Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan Juara III Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bulukumba. Dan sesuai kesepakatan panitia dan peserta, Juara I Pada Lomba Stan Pameran ini akan menjadi tuan rumah pada Festival Aksara Lontaraq ke lima tahun 2024 mendatang. (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *