Connect with us

Peristiwa

Kapus PPUK Perpusnas Beri Apresiasi Luar Biasa terhadap Layanan Perpustakaan Dispus Arsip Sulsel

Published

on

Spread the love

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus (PPUK) Perpustakaan Nasional RI, Dra. Nani Suryani, M.Si di dampingi 3 orang staf melakukan kunjungan ke Layanan Perpustakaan Umum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan (Dispus Arsip Sulsel). Rabu (10/05/2023).

Kehadiran Kapus PPUK di Layanan Perpustakaan umum diterima oleh Kepala Dispus Arsip Sulsel yang diwakili Kepala Bidang Perpustakaan Drs. Yulianto, M.M di dampingi Kepala UPT Perpustakaan Kaharullah, S.E, Koordinator Pustakawan Sulsel Syamsul Arif, S.Sos., M.A.

Dalam testimoninya usai melihat langsung kondisi ruang layanan dan pengunjung, Kapus Nasi Suryani menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap Layanan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan ini.

“Alhamdulillah Saya bisa menginjakkan kaki ke Pusat Layanan, dan ternyata di luar ekspektasi Saya, Sungguh luar biasa, pas datang ke pusat layanan ini banyak pengunjung yang datang untuk memanfaatkan layanan perpustakaan dan mendayagunakan semua koleksi yang ada di sini,” kata Nani dalam testimoninya.

“Mudah-mudahan ke depannya masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan menjadi masyarakat pembelajar dan dapat mengimplementasi apa-apa yang sudah dipelajari,” harapnya.

Selain melihat langsung kondisi Gedung Layanan dan Pengunjung Layanan Perpustakaan Umum Dispus Arsip Sulsel, Kapus Nani Suryani juga mengunjungi layanan PP IPTEK yang berada di lantai 2 Gedung Layanan Perpustakaan Umum Dispu Arsip Sulsel. Layanan PP IPTEK ini adalah salah satu jenis layanan perpustakaan yang dikembangkan di Dispus Arsip Sulsel untuk memfasilitasi masyarakat mendapatkan pengetahuan dasar terkait dengan teknologi dalam bentuk alat peraga.

Di Layanan PP IPTEK Dispus Arsip Sulsel terdapat beberapa alat peraga yang diperoleh melalui kerjasama dengan PP IPTEK pusat dan kerjasama dengan perguruan tinggi di Sulsel. Salah satu dari alat peraga tersebut adalah Gyro Xtreme.

Gyro Xtreme merupakan alat giroskop, dimana alat giroskop ini merupakan perangkat yg digunakan untuk mengukur atau mempertahankan orientasi yang berlandaskan momentun sudut karena bentuknya yg berbentuk lingkaran.

Mesin giroskop sejenis ini dikembangkan oleh NASA untuk melatih astronot agar terbiasa berada dalam kondisi tanpa bobot. Mesin yg ditemukan oleh Hemut Suchy ini juga digunakan sebagai alat terapi untuk sakit pada tulang punggung belakang. Sofia Nur Aisyah salah seorang staf yang mendampingi ibu Nani Suryani berkenaan untuk mencoba sensasi menjadi Astronot melalui Gyro Xtrem ini.

Selain menyaksikan demonstrasi Gyro Xtrem, Kapus Nani Suryani juga menyaksikan demonstrasi alata peraga lainnya di Layanan PP IPTEK.

Keesokan harinya, Kamis (11/5/2023), Kapus PPUK Perpusnas ini juga mengunjungi Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak, dan melihat langsung kondisi ruang layanan yang dan situasi pengunjung layanan Perpustakaan Ibu dan Anak Provinsi Sulawesi Selatan. (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *