Connect with us

Peristiwa

25 Pengelola Perpustakaan Desa/Kelurahan se-Sulsel Ikuti Sosialisasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Jakarta

Published

on

Spread the love

25 Orang Pengelola Perpustakaan Desa dan Kelurahan dari 7 Kabupaten/Kota Penerima Manfaat Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dari Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) tahun 2023 mengikuti kegiatan Sosialisasi TPBIS di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Senin – Rabu (27/2-1/3/2023).

Kegiatan Sosialisasi ini juga dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan (Dispus Arsip Sulsel) yang diwakili Kepala Bidang Perpustakaan Drs. Yulianto, M.M di dampingi PIC dan Fasilitator Daerah Program TPBIS Sulsel Nazaruddin, S.Ag., M.Sos.I. Hadir juga Kepala Dinas dari 7 Kabupaten/Kota Penerima Manfaat Program TPBIS tahun 2022 masing-masing, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Palopo, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Jeneponto, dan yang mewakili Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Luwu Timur dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Menurut Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpustakaan Nasional RI Dra. Nani Suryani, M.Si, dalam laporannya selaku pelaksana kegiatan pada acara pembukaan, Kegiatan Sosialisasi TPBIS ini diikuti 623 orang peserta secara onsite terdiri dari 34 Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi, 136 Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota dan 450 orang pengelola perpustakaan desa/kelurahan dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga dihadiri 5.000 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini secara online baik melalui zoom meeting maupun melalui kanal Youtube Perpusnas.

Sosialiasasi Program TPBIS 2023 dengan tema Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Kesejahteraan Solusi Cerdas Pemulihan Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemi COVID 19 ini, dibuka langsung Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M, turut dihadiri Sekretaris Utama (Sestama) Perpusnas RI, Ofy Sofiana, M.Hum, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Dr. Adin Bondar, M.Si, beserta beberapa orang Pustakawan Utama Perpusnas RI.

Dalam sambutan pengarahannya se saat sebelum membuka kegiatan Sosialisasi ini, Kepala Perpusnas Syarif Bando mengapresiasi kehadiran pengelola perpustakaan desa/kelurahan, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten dan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi dari seluruh Indonesia untuk bersilaturahmi dan saling menetapkan komitmen untuk berkolaborasi, bersinergi dalam rangka membangun bangsa kita.

“Kita semua menyadari betapa berat perjuangan bangsa kita hari ini untuk memulihkan ekonomi pasca pandemi. Karena itu memang yang perlu kita catat pertemuan ini adalah kolaborasi, kami dari Perpustakaan Nasional menggagas dan akan berperan 10 persen, tetapi berhasil tidaknya program ini 90 persen ada di desa/kelurahan, 80 persen ada di Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota dan 70 persen ada di Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi,” paparnya.

Pada sisi lain sambutannya, Kepala Perpusnas juga mengungkapkan bahwa kita harus berbangga kita hadir di sini, sebab apa yang kita gagas juga menjadi sesuatu yang diakui dunia.

“Saya ingin menyampaikan bagaimana Presiden IFLA mengapresiasi Program Transformasi Perpustakaan yang kita gagas, dan seperti bapa ibu lihat tadi dalam dua lagu yang dipersembahkan, teman-teman dengan seluruh inovasi dan kreativitasnya menampilkan apa yang telah kita lakukan, yang negara lain tidak melakukan seperti itu,” tandasnya.

Kegiatan Sosialisasi TPBIS ini menampilkan narasumber, di antaranya Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Perpusnas RI Dr. Joko Santoso, M.Hum, Koordinator Fasilitasi Pengembangan Desa Inklusif dan Desa Adat Kementerian Desa PDTT RI, Ir. Sri Wahyuni, Team Leader Konsultan Pendamping Program dr. Erlyn Sulistyaningsih, Dosen STF Driyarkara Jakatra Dr. Agustinus Setyo Wibowo SJ, Exclusive Facilitator PT MarkPlus Inc, Agustinus Kristiyanto dan Deputi Bidang Pengembangan Sulber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Dr. Adin Bondar, M.Si.

Dalam sambutannya se saat sebelum menutup kegiatan Sosialisasi TPBIS ini, Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Adin Bondar, atas nama pimpinan Perpustakaan Nasional RI menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas komitmen dan juga intensitas para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini. Di mana kita saat ini juga diteguhkan pula untuk bersama-sama memiliki komitmen yang teguh dan percaya diri bahwa kita adalah pelaku-pelaku pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kita adalah di manapun Bapak Ibu berada, kita dapat melakukan pelayanan yang baik demi terwujudnya masyarakat yang berpengetahuan agar supaya masyarakat kita bisa menjadi semakin baik dan sejahtera ke depan,” kuncinya. (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *