Connect with us

Peristiwa

Akhir Tahun di Pantai Putondo Takalar

Published

on

Spread the love

warnasulsel.com – Sulawesi Selatan terkenal dengan berbagai pesona alamnya yang menarik perhatian masyarakat salah satunya yaitu Pantai Putondo. Kebersihan dan alaminya pantai ini didukung juga dengan kondisi hewan dan tumbuhan yang beranekaragam. Wisata ini terletak di Dusun Puntondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangngara’ Bombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Berjarak hanya sekitar 60 kilometer sebelah selatan Kota Makassar.

Menurut cerita, Puntondo berasal dari kata Makassar kondo atau bangau. Ombaknya tenang, airnya jernih, dan berada di desa dengan adat pedesaan yang kental. Jalan menuju pantai ini dijejeri rumah panggung khas Makassar. Orang-orangnya sangat ramah. Anda akan disambut oleh penduduk yang melambaikan tangan saat Anda lewat. Begitu sampai di kawasan pantai, Anda akan menemukan hamparan pasir putih yang lembut. Laut terbentang di depan Anda, dan pegunungan hijau saling berpelukan.

Untuk Fasilitasnya,Di Pantai Putondo menyediakan fasilitas yang begitu lengkap salah satunya yaitu  ruang aula untuk menggelar kegiatan seminar dan pelatihan, villa, rumah-rumah peristirahatan berbentuk rumah panggung khas Suku Makassar. Di sana ada juga restoran dengan desain yang unik dan dikelilingi rimbunan pepohonan.

Untuk tarif masuk ke lokasi Anda hanya membayar Rp 15.000 termasuk mendapat sajian kopi atau teh hangat serta satu porsi keripik rumput laut.

Menurut wisatawan yang pernah berkunjung ke Putondo,bahwa”ketika kita berada disana kita dilarang untuk menangkap, merusak, dan membunuh ekosistem di sekitar pantai demi untuk menjaga kelestarian alam, khususnya di Pantai Puntondo.(20/12/22)

Tergolong sebagai pantai yang masih bersih dari sampah, Pantai Puntondo menawarkan pemandangan laut biru yang indah dan pasir pantai putih yang lembut dengan air jernih di bibir pantai. Bahkan, Anda bisa melihat segerombolan ikan-ikan kecil, karang, dan rumput laut. Jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan petugas yang sedang memanen atau menanam bibit rumput laut di sekitar pantai.

Puntondo bukan hanya destinasi wisata alam, tetapi juga destinasi wisata pembelajaran. Selain menikmati udara yang sejuk dan tenang, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan tentang lingkungan sekitar. Kawasan ini dirancang sebagai kawasan pendidikan lingkungan. Anda dapat melihat contoh implementasi pengelolaan lingkungan yang sederhana dan praktis.

Laporan | Citizen Reporter : Putri Lestari (Mahasiswa Jurnalistik UIN)

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *