Connect with us

Kampus

HMJ PGMI UIN Alauddin Makassar pertama kalinya mengadakan kegiatan besar Pekan Ilmiah Antar Mahasiswa PGMI se-Indonesia

Published

on

Spread the love

WARNASULSEL.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengadakan kegiatan Pekan Ilmiah Antar Mahasiswa PGMI se-Indonesia yang disingkat PINTARMI yang diadakan di aula hotel Bantimurung dan Baruga Utama Maros, Kamis (8/12/2022).

Kegiatan ini merupakan kegiatan besar yang diadakan pertama kali oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan PGMI Universitas Negeri Alauddin Makassar, dimana kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan jurusan PGMI dari 13 kampus di Indonesia, yakni PGMI IAI Bani Fattah Jombang, PGMI IAIN BONE, PGMI IAIN SULTAN AMAI GORONTALO, PGMI STAI AL-FITHRAH SURABAYA, PGMI STAI DDI PANGKEP, PGMI STAI AL-MUNAWWARAH TOLI-TOLI, PGMI STAI DDI MAROS, PGMI UNISMUH MATARAM, PGMI UMI MAKASSAR, PGMI IAI MUHAMMADIYAH SINJAI, PGMI IAIN KENDARI, PGMI IAIN PALOPO, PGMI UIN ALAUDDIN ITU.

Pekan Ilmiah Antar Mahasiswa PGMI se-Indonesia disahkan oleh wakil rektor III Universitas Negeri Alauddin Makassar Prof.Dr.Darussalam, M.Ag. (8/12/2022). Kegiatan PINTARMI berlangsung selama 4 hari, mulai 8-10 Desember 2022. Selama 4 hari tersebut kegiatan yang dilakukan juga berbeda-beda.

Ketua umum Himpunan Mahasiswa Jurusan PGMI Universitas Negeri Alauddin Makassar, Dian Andikayani mengatakan, kegiatan ini bertujuan Menyalurkan dan mengembangkan potensi mahasiswa melalui kegiatan PINTARMI (Pekan Ilmiah Antar Mahasiswa PGMI) Se-Indonesia, Membangun budaya ilmiah dengan kegiatan berbasis akademik dan IPTEK, Meningkatkan inovasi dan kreasi mahasiswa dalam menghadapi tantangan di Era Society.

“Dan yang paling penting itu untuk menjalin silaturahmi diantara mahasiswa PGMI se-Indonesia, karena ini adalah kegiatan besar PGMI yang pertama kali diadakan, ” Katanya.

Selama 4 hari ada 4 rangkaian acara yang berlangsung. Dihari pertama setelah pembukaan kegiatan, kemudian dilanjut dengan seminar nasional dengan tema “Dari PGMI Pendidikan Maju” yang menghadirkan 3 tokoh publik yaitu Walikota Makassar Ir. Ramadhan Pomanto yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar, Guru besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum., M.A. , dan Direktur Sorana Institute Saoraja Jakarta-Indonesia, Peneliti Sosial Budaya, Pendidikan dan Politik Amul Hikma Budiman, S.S., M.Si.

Hari kedua dan ketiga ada kegiatan temu rembuk dan juga PGMI Expo. Dan puncak kegiatannya ada dihari ke empat, dimana ada beberapa lomba antar Universitas yakni Karya tulis ilmiah, Media Pembelajaran, debat ilmiah, tilawah, parade semaphore, dan cipta baca puisi. Pengumuman pemenang lomba dikeluarkan kemarin, 13/12/2002 yang dimana Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiyah UIN Alauddin Makassar meraih prestasi di kancah nasional dalam kegiatan Pekan Ilmiah Antar Mahasiswa PGMI se-Indonesia. Mahasiswa PGMI UIN Alauddin Makassar menyabet juara umum 1 dari 13 kampus yang hadir dalam kegiatan tersebut. Ini merupakan suatu kebanggaan yang diperoleh oleh mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Alauddin Makassar

Citizen reporter : Ummiati

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *